Jelang Tahun Baru, Daging Ayam Meroket

Jelang Tahun Baru, Daging Ayam Meroket

Jelang Tahun Baru penjual Ayam laris manis-Foto : Febi/Palpos-

MUARA ENIM,PALPOS.ID -Menjelang akhir tahun beberapa bahan untuk keperluan tahun baru naik bahkan kehabisan stok.

Salah satunya daging Ayam, jika hari biasanya Rp 35 ribu perkg naik menjadi Rp 60 ribu perkg di Pasar Inpres Muara Enim, Minggu, 31 Desember 2023.

Dari pengamatan dan informasi di lapangan, naiknya harga daging ayam karena selain penjualnya sedikit sebab sudah banyak yang liburan, juga stok habis karena permintaan banyak dari masyarakat menjelang tutup tahun baru.

Bahkan dari beberapa daging ayam telah menjual sehaega Rp60 - Rp65 ribu per kg.

BACA JUGA:Pastikan Ketersediaan Aman Guna Tekan Inflasi

BACA JUGA:Pastikan Kesiapan Lifting Migas Akhir Tahun 2023, SKK Migas Sidak Sumur Minyak Seleraya Belida

Menurut salah satu pedagang Rina, bahwa daging ayam kalau hari biasa harganya Rp35 ribu perkg, kalau naik paling Rp2 ribu.

Namun, hari ini ia terpaksa menaikkan harganya karena pasokan daging Ayam menjelang siang tidak ada lagi, kalaupun harganya sudah tinggi juga, jadi terpaksa jual seharga Rp60 ribu perkg.

"Harga Rp60 ribu perkg, masih banyak yang beli, sebab stok tidak ada lagi. Banyak agen sudah tutup pagi tadi," ujarnya.

Sementara itu menurut salah satu pembeli Eja warga Muara Enim, dirinya sudah berkeliling kota Muara Enim mencari daging ayam potong yang harganya masih normal Rp 35 ribu per kg, namun sudah tidak ada lagi, selain pedagangnya sudah sedikit yang menjual ayam tersebut sedikit juga.

BACA JUGA:Massa GRPKRI Geruduk Pemkab Muara Enim, Tuntut Tutup PT RMKE

BACA JUGA:Jelang Tutup Anggaran Banyak Proyek Tidak Selesai

Bahkan ia sampai ke beberapa agen pemasok ayam di kota Muara Enim ternyata stok di kandang ayamnya juga habis. Karena tidak ada lagi pilihan terpaksa membeli meskipun harganya mahal.

"Tadi ada salah satu agen mengatakan paling sore ayam masuk lagi. Kalau sudah sore apalagi malam hari sudah mepet nian sebab kondisi ayamnya masih utuh belum dipotong dan dibersihkan," ujarnya.

Masih dikatakannya, selain daging Ayam yang naik, harga daging ikan juga naik. Seperti ikan Nila yang sebelumnya Rp35 ribu perkg naik menjadi Rp55 ribu perkg.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: