11 Jenis Makanan Yang Harus Diwaspadai Untuk MPASI

11 Jenis Makanan Yang Harus Diwaspadai Untuk MPASI

11 Jenis Makanan Yang Harus Diwaspadai Untuk MPASI.-Palpos.id-foto : tangkapan layar ig, insidepegadaian-

KESEHATAN, PALPOS.ID - Makanan Pendamping ASI (MPASI) memiliki peran penting dalam pertumbuhan dan perkembangan bayi sejak usia 6 bulan. 

Badan Kesehatan Dunia (WHO) menegaskan bahwa ASI eksklusif tidak lagi mencukupi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan energi bayi pada usia tersebut. 

Memperkenalkan MPASI dengan tepat waktu, menyajikannya secara memadai, aman, dan dengan cara pemberian makan yang benar menjadi kunci utama dalam memberikan nutrisi yang optimal bagi bayi.

Menurut WHO, pada usia 6 bulan, bayi sudah siap secara perkembangan untuk menerima makanan padat selain ASI. Jika pengenalan MPASI tidak dilakukan dengan benar, pertumbuhan bayi dapat terganggu. 

BACA JUGA:13 Manfaat Petai Bagi Kesehatan Dapat Meningkatklan Kesuburan Wanita Dan Pria

BACA JUGA:13 Manfaat Petai Bagi Kesehatan Dapat Meningkatklan Kesuburan Wanita Dan Pria

Meskipun terlihat sulit saat pertama kali, orang tua tidak boleh menyerah jika bayi menunjukkan resistensi terhadap MPASI.

Beberapa reaksi seperti menolak atau melepeh adalah hal yang wajar. Seiring berjalanya waktu, bayi akan belajar untuk menerima dan mengunyah makanan padat.

Proses penyimpanan MPASI juga memerlukan perhatian khusus agar makanan yang diberikan kepada bayi tetap aman dan sehat.

Banyak bakteri penyebab kontaminasi yang dapat berkembang di dalam makanan, terutama pada jenis makanan tertentu seperti daging, ikan, telur, susu, dan kedelai.

BACA JUGA:Wajib Tahu! Inilah 10 Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan Ibu Hamil dan Janin,

BACA JUGA:Tidur Tengkurap: Manfaat dan Risikonya bagi Kesehatan Tubuh

Bahkan nasi, pasta, dan sayuran pun rentan terhadap kontaminasi. Oleh karena itu, Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) memberikan panduan menyimpan MPASI dengan aman, antara lain menyimpan makanan dalam lemari pendingin dengan suhu kurang dari 5 derajat Celsius, memisahkan daging dan ikan dalam wadah plastik, serta tidak menggunakan makanan yang melewati tanggal kadaluwarsa.

Tak cukup hanya dengan penyimpanan yang baik, pemilihan bahan makanan juga sangat penting dalam menu MPASI. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: