Ditabrak Tongkang Batubara, Dermaga Kampung Kapitan Palembang Roboh

Ditabrak Tongkang Batubara, Dermaga Kampung Kapitan Palembang Roboh

Pj Walikota Palembang, Ratu Dewa meninjau Dermaga Kampung Kapitan dan Pelabuhan Sungai 7 Ulu yang ditabrak kapal tongkang-erika/palpos.id-

Ratu Dewa Tinjau Dampak Tabrakan Tongkang di Dermaga dan Pelabuhan

PALEMBANG, PALPOS.ID - Penjabat Walikota, Ratu Dewa, dengan sigap meninjau langsung kondisi Dermaga Kampung Kapitan dan Pelabuhan Sungai 7 Ulu yang menjadi sasaran benturan tongkang pada Selasa, 2 Januari 2024

Ratu Dewa telah mengambil beberapa langkah untuk menangani insiden ini. Langkah-langkah tersebut mencakup koordinasi dengan Satpolairud Polrestabes Palembang untuk mengevaluasi kerusakan di Dermaga Kampung Kapitan.

Selain itu, koordinasi juga dilakukan dengan KSOP (Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan) terkait izin pergerakan kapal untuk menunda keberangkatan.

"Kita juga sudah berkoordinasi dengan Balai Pengelola Transportasi Darat Kelas II Sumatera Selatan mengenai kerusakan di Pelabuhan Sungai 7 Ulu," ujar Pj Walikota Ratu Dewa.

BACA JUGA:Sensasi Segar Rujak: Kuliner Tradisional Indonesia yang Memikat Lidah

BACA JUGA:Menuju Otonomi Baru di Jawa Timur: Potret Lima Calon Kota Pemekaran di Pulau Jawa

Kejadian ini berawal ketika Kapal tongkang Pacific Star berukuran 300 kaki, yang membawa muatan batu bara dan ditarik oleh kapal tunda Karya Pacific 2208 serta assist tugboat Mandiri Tango 01 milik Pelindo, mengalami masalah saat berlayar menuju ambang luar.

Ketika melintas di alur pelayaran Sungai Musi, kapal tersebut kehilangan kendali dan menabrak atau menyenggol dermaga Kampung Kapitan yang dimiliki oleh Dinas Perhubungan Kota Palembang.

Bukan itu saja, Pelabuhan Sungai Ulu yang saat ini sedang proses proses penyerahan aset kepada Pemerintah Kota Palembang melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan Balai Pengelola Transportasi Darat Kelas I Sumatera Selatan, juga terkena kapal tongkang.

"Akibatnya, atap dermaga roboh, enam tiang pancang miring dan patah, dua bolder patah dan lepas, serta rusaknya trestle dan pagar disertai patah," paparnya.

BACA JUGA:Kabupaten Deli Serdang Tempat Kelahiran Tembakau Deli yang Pernah Jadi Tembakau Ternikmat di Dunia

BACA JUGA:Cilok: Lezatnya Camilan Jalanan Indonesia yang Mendunia

Selain itu, kursi dermaga mengalami kerusakan, satu unit rambu sungai patah, dan dermaga serta pagar ponton juga mengalami kerusakan serius.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: