Kulit Iritasi, Gatal dan Kering? Obati Tanaman Ini...

Kulit Iritasi, Gatal dan Kering? Obati Tanaman Ini...

penyakit gatal- gatal pada kulit--Foto: Ilustrasi/hello sehat

KESEHATAN, PALPOS.ID - Lidah buaya, atau Aloe vera, telah lama dikenal sebagai tanaman yang kaya manfaat, terutama dalam perawatan kulit. 

Sebuah penelitian terbaru yang dimuat dalam Iranian Journal of Medical Sciences dengan judul "The Effect of Aloe Vera Clinical Trials on Prevention and Healing of Skin Wound: A Systematic Review" menyoroti potensi besar lidah buaya dalam mencegah dan menyembuhkan luka pada kulit.

Salah satu manfaat utama lidah buaya adalah kemampuannya dalam meredakan iritasi pada kulit, termasuk gatal dan kulit kering. 

Gel lidah buaya diketahui memiliki kandungan yang dapat membantu menjaga kelembapan kulit dan memastikan tingkat hidrasi tetap tercukupi.

BACA JUGA:Ternyata Ini Obat Sakit Gigi Alami yang Ampuh dan Mudah Ditemukan di Rumah, Kamu Pasti Tak Menyangka

BACA JUGA:Asma Anda Sering Kambuh Saat Musim Dingin? Ini Cara Mengatasinya…

Kandungan utama dalam lidah buaya yang menyumbang pada khasiatnya untuk kulit antara lain adalah senyawa-senyawa aktif seperti polisakarida, asam amino, dan enzim. 

Polisakarida dalam lidah buaya memiliki sifat antiinflamasi dan dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit. 

Selain itu, asam amino berperan penting dalam pembentukan kolagen, protein struktural yang mendukung kekencangan dan elastisitas kulit.

Meskipun lidah buaya umumnya dianggap sebagai obat alami yang aman, penting untuk mencoba uji reaksi alergi sebelum menggunakannya secara luas. 

Langkah ini dapat dilakukan dengan mengoleskan sedikit gel lidah buaya ke telapak tangan dan menunggu beberapa saat untuk memastikan tidak ada reaksi negatif yang muncul.

BACA JUGA:Memiliki Rasa yang Manis, Ternyata Kulit Buah Anggur juga Dapat Menekan Perkembangan Kanker Loh!

BACA JUGA:Rahasia Obat Herbal Ampuh untuk Mengatasi Batuk Kering: Temukan Kesehatan di Rumah Kamu

Penting untuk dicatat bahwa setiap produk perawatan kulit yang mengandung lidah buaya sebaiknya digunakan sesuai petunjuk penggunaan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: