Menjaga Identitas Palembang: Komuditage Penjaga Api Semangat Cinta Warisan dan Budaya

Menjaga Identitas Palembang: Komuditage Penjaga Api Semangat Cinta Warisan dan Budaya

Komunitas Muda Peduli Heritage (Komuditage)--

PALEMBANG, PALPOS.ID- Pada hari terakhir rangkaian peringatan Pertempuran 5 Hari 5 Malam di Kota PALEMBANG, fokus utama tetap terpusat di Gedung Kesenian PALEMBANG, Jumat 5 Desember 2024. 

Setelah acara dialog bersama Ketua DPD LVRI Sumsel, Dr. Ramses P.N.D. Min, dan Ketua Kegiatan peringatan Pertempuran 5 Hari 5 Malam di Kota Palembang, Vebri Al Lintani. 

Acara tersebut menjadi momentum penting untuk mendeklarasikan Komunitas Muda Peduli Heritage (Komuditage), dengan pemilihan Ahmad Wahyudi Nopri Annas sebagai Ketua.

Ahmad Wahyudi Nopri Annas, Ketua Komuditage, menyampaikan bahwa Palembang, sebagai kota tertua di Indonesia dan ibu kota Kedatuan Sriwijaya serta Kesultanan Palembang Darussalam, memiliki warisan budaya atau heritage yang kaya akan sejarah.

BACA JUGA:Wacana Provinsi OKE dan Calon Provinsi Palapa Selatan Mengemuka Meski Moratorium DOB Belum Dicabut

Namun, disayangkan bahwa heritage tersebut umumnya masih belum mendapatkan perhatian yang memadai.

"Dengan pertimbangan tersebut, atas berkat rahmat Tuhan Yang Maha Esa dan didorong oleh keinginan serta semangat kuat untuk peduli terhadap heritage, kami, sebagai bagian dari generasi muda Sumatera Selatan, dengan ini mendeklarasikan Komunitas Muda Peduli Heritage (Komuditage)," ungkapnya.

Lembaga ini diharapkan akan berperan sebagai penggerak dalam mempromosikan, melindungi, memelihara, melestarikan, dan mengembangkan heritage yang umumnya berada di wilayah Sumatera Selatan, khususnya di Kota Palembang.

BACA JUGA:Kabar Gembira! Tendik Akhirnya Bisa Ikut Seleksi CASN 2024, Ini Kata Pj Walikota Palembang

Ahmad Wahyudi Nopri Annas menekankan bahwa Komuditage memiliki berbagai cita-cita, termasuk menjadi inisiator dalam meningkatkan kesadaran anak muda terhadap warisan budaya dan sejarah.

Dalam era milenial dan Gen Z yang gejolak, Komuditage berencana mengedukasi melalui platform-platform media sosial seperti Instagram dan TikTok dengan konten yang menarik dan edukatif.

Vebri Al Lintani, Ketua Kegiatan peringatan Pertempuran 5 Hari 5 Malam di Kota Palembang, bersama sejarawan kota Palembang Kemas Ari Panji, berharap agar Komuditage dapat menjadi garda terdepan dalam upaya penyelamatan, edukasi, dan pelestarian cagar budaya dan sejarah di Kota Palembang.

BACA JUGA:Memiliki Rasa yang Manis, Ternyata Kulit Buah Anggur juga Dapat Menekan Perkembangan Kanker Loh!

"Kedepan, segera buat program kerja agar komunitas ini bisa eksis dan memberikan kontribusi positif kedepannya," tambahnya.**

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: