Dilanda Banjir, Peternak Sapi Kesulitan Makanan Rumput

Dilanda Banjir, Peternak Sapi Kesulitan Makanan Rumput

Tampak Asmadi dan Adi Putra bersama rekannya menggembalakan Sapi di jalan desa.-Foto : Febi/Palpos-

MUARA ENIM,PALPOS.ID -Hampir sepekan ini beberapa desa di dalam Kabupaten Muara Enim terendam dan terdampak oleh banjir. Dampak tersebut juga dirasakan oleh peternak Sapi, selain susah mendapatkan makanan Sapi, juga hewan tersebut harus dijaga 1 x 24 jam karena kadang Sapi masih terendam oleh banjir dan khawatir hewan ternak dicuri.

"Kami Hampir sepekan ini harus kerja ekstra keras, sebab seluruh Sapi ternak harus di urus dan di jaga 24 jam," ujar Asmadi (40) warga Desa Banuayu, Kecamatan Empat Petulai Dangku, Kabupaten Muara Enim, Kamis (18/1).

Menurut Asmadi, kalau sebelum banjir biasanya hewan ternak dilepas dihutan (kebun,red) untuk mencari makan, dan mereka bisa bekerja yang lain seperti menyadap, berkebun dan sebagainya.

 Namun sejak kebanjiran ini, praktis mereka tidak bisa bekerja sambilan lainnya, sebab harus menjaga hewan ternaknya mencari makan karena makanannya seperti rumput-rumputan yang tidak terendam air berada dipinggir jalan.

BACA JUGA:Sungai Lematang Meluap, Jembatan Gantung Putus, 63 KK Butuh Bantuan Sembako

BACA JUGA:23 Januari, Kendaraan Antar Jemput Tambang Harus Tertib

"Kalau tidak dijaga nanti ditabrak mobil atau menganggu pengguna jalan. Selain itu takut hilang, jadi kami terpaksa harus jaga 24 jam," pungkasnya.

Hal senada dikatakan Adi Putra(36) warga Desa Kuripan Selatan, Kecamatan Empat Petulai Dangku, Kabupaten Muara Enim, bahwa semenjak banjir mereka praktis tidak bisa bekerja lagi yang lain karena waktunya tersita untuk menjaga dan memberi makan Sapi.

Satu lagi masalah, semenjak banjir hewan ternaknya banyak yang kena penyakit kutu sehingga mereka terpaksa harus rajin membersihkannya setiap hari.

Sebab jika tidak dibersihkan, Kutu tersebut bisa menyebabkan kematian hewan ternak karena mengisap darah hewan tersebut.

BACA JUGA:PT ABG Group Distribusikan 1000 Paket Sembako untuk Korban Banjir

BACA JUGA:Anggota DPRD Muara Enim Zen Sukri Beri Bantuan Korban Banjir

Akibat tersita waktu harus memelihara dan menjaga hewan ternaknya, otomatis untuk kebutuhan sehari-hari menjadi terhambat.

"Kalau ada bantuan kamini butuh Sembako untuk makan," harapnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: