Warga OKU Diminta Waspada Saat Ke Kebun

Warga OKU Diminta Waspada Saat Ke Kebun

Kepala BPBD OKU, Januar Efendi--

BATURAJA, PALPOS.ID- Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Januar Efendi mengimbau kepada masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan terhadap serangan hewan buas, terutama bagi warga yang beraktivitas di kebun.

Imbauan itu disampaikan menyusul kejadian serangan hewan buas berupa beruang terhadap seorang warga Desa Mendingin, Kecamatan Ulu Ogan.

Korban bernama Joni (43) mengalami serangan beruang yang menyebabkan putusnya kaki kirinya saat sedang beraktifitas di kebun pada Jumat, 19 Januari 2024.

“Kami mengimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada terhadap serangan hewan buas, terutama warga yang beraktivitas di kebun,” kata Januar.

BACA JUGA:BPBD Ingatkan Warga OKU Waspada Ancaman Bencana Hidrometeorologi

BACA JUGA:BPBD OKU Siagakan 300 Personel Penanggulangan Bencana Alam

Menurutnya, saat ini OKU sedang mengalami musim buah-buahan, sehingga hewan buas seperti beruang mungkin mencari makan hingga ke kebun warga.

“Saat musim buah, hewan buas seringkali melintas untuk mencari makan, bahkan bisa sampai ke kebun dan pemukiman warga,” ungkapnya.

OKU, termasuk wilayah Mendingin Ulu Ogan, memiliki beberapa area yang berbatasan dengan kawasan hutan lindung. Hal ini membuat interaksi antara hewan buas dan penduduk cukup intens.

BACA JUGA:BPBD OKU Terjunkan Puluhan Personel Cari Korban Tenggelam di Sungai Ogan

BACA JUGA:BPBD OKU Ingatkan Warga Waspada Bencana Banjir Bandang

“Kami mengimbau agar waspada, meningkatkan kesiagaan, terutama dengan mengandalkan kearifan lokal. Warga yang berkebun biasanya memiliki mekanisme sendiri untuk mengusir hewan buas dan melindungi kawasan pemukiman, namun tetap harus waspada,” tambahnya.

BPBD OKU telah melakukan upaya pencegahan dengan menyiagakan personel di beberapa kecamatan untuk bekerja sama dengan masyarakat setempat. Mereka akan mengawasi dan meningkatkan kewaspadaan terhadap kemungkinan serangan hewan buas.

“Jika diperlukan, personel BPBD dapat berkoordinasi dengan pihak terkait untuk melakukan patroli bersama masyarakat guna menjaga dan meningkatkan kewaspadaan,” tandas Januar. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: