Challenger 3: Transformasi Digital dan Mobilitas Canggih dalam Dunia Tank Tempur

Challenger 3: Transformasi Digital dan Mobilitas Canggih dalam Dunia Tank Tempur

--

NASIONAL, PALPOS.ID-Berangkat dari potensi peperangan kavaleri di Eropa, Kementerian Pertahanan Inggris pada awal tahun 2022 telah memberikan lampu hijau untuk mengembangan Main Battle Tank (MBT) generasi baru yang lebih mumpuni.

Konkritnya akan dilakukan upgrade pada armada MBT Challenger 2, dengan anggaran senilai US$1,3 miliar, rencananya ada 148 unit Challenger 2 yang akan di-upgrade menjadi Challenger 3, menjadikan MBT kebangaaan Inggris ini dapat bertahan untuk beroperasi sampai tahun 2040.

BACA JUGA:Menhanan Resmi Serahkan Pesawat C-130J-30 Super Hercules untuk Indonesia

BACA JUGA:Drama Kehidupan Helikopter V-22 Osprey: Indonesia Putuskan Bukan Jodohnya

Dan pada IQPC International Armoured Vehicles Conference (IAVC) 2024 (22- 25 Januari 2024) di London, untuk pertama kalinya diperlihatkan tampilan (foto) MBT Challenger 3.

Dikutip Breakingdefense.com (22/1/2024), disebut bahwa Challenger 3 akan segera memulai uji coba. Uji coba selama 18 bulan, dibagi antara lokasi di Inggris dan Jerman, direncanakan sebelum peninjauan kualifikasi sistem tahun depan. Sebanyak delapan prototipe Challenger 3 rencananya akan dikembangkan

Perusahaan patungan Jerman – Inggris Rheinmetall BAE Systems Land (RBSL) telah berbagi gambar prototipe Tank Tempur Utama (MBT) Challenger 3 Angkatan Darat Inggris yang pertama, setelah menyelesaikan pembuatan kendaraan baru di fasilitas produksinya di Telford, Inggris.

BACA JUGA:PT Pindad Serahterimakan 10 Unit Tank Harimau: Langkah Menuju Kemandirian Alutsista Indonesia

BACA JUGA:Perjalanan Sulit Arab Saudi: Persyaratan Hubungan dengan Israel untuk Memperoleh F-35

Program Challenger 3 akan menghadirkan MBT terbaik di NATO… dan menghadirkan MBT digital yang diaktifkan jaringan, memberikan prajurit kemampuan yang dapat mengubah langkah, memastikan pencegahan abad ke-21 hingga masa tidak aktifnya (dijadwalkan beroperasi sampai tahun 2040 ),

Prototipe pertama MBT Challenger 3 akan memulai uji coba dalam beberapa minggu mendatang.

Tujuan utama uji coba ini, yang ditetapkan tanpa awak, adalah untuk “memungkinkan kami mengonfirmasi bahwa sistem tersebut aman untuk uji coba dengan awak (selanjutnya) rekayasa yang dilakukan untuk meningkatkan prototipe dari Challenger 2, ke standar Challenger 3.

BACA JUGA:PT Pindad Serahterimakan 10 Unit Tank Harimau: Langkah Menuju Kemandirian Alutsista Indonesia

BACA JUGA:Sebenarnya Indonesia Siap Terbang Dengan Su-35, Tetapi?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: