Survei LKPI, Caleg DPR RI Samantha Tivani Berpeluang Menuju Senayan

Survei LKPI, Caleg DPR RI Samantha Tivani Berpeluang Menuju Senayan

Caleg DPR RI Samantha Tivani--

POLITIK, PALPOS.ID - Samantha Tivani, calon anggota DPR RI dari Partai Nasdem di daerah pemilihan (dapil) dua Sumatera Selatan, memiliki peluang besar untuk melangkah ke Senayan dalam pemilu 2024.

Dukungan kuat, atau elektabilitas, dari putri mantan Gubernur Sumsel H Herman Deru, yang didukung oleh Partai Nasdem dengan nomor urut lima, mendominasi sejumlah calon lainnya.

Hasil dari survei oleh Lembaga Kajian Publik Independen (LKPI) menunjukkan bahwa Samantha Tivani berada di posisi terdepan dalam jawaban spontanitas (top of mind), dengan elektabilitas 15,8%.

Sementara itu, calon lain masih di bawah sepuluh persen, dan sebagian besar massa belum menentukan pilihan (56,1%).

BACA JUGA:KPU Kembali Gelar Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara

BACA JUGA:Ganjar Pranowo Siap Hadapi Debat Capres Terakhir dengan Tema Kesejahteraan Sosial hingga SDM

Dalam uji simulasi dengan specimen contoh kertas surat suara, Samantha Tivani tetap konsisten di posisi teratas dengan elektabilitas 29%, sementara calon lainnya masih di bawah sepuluh persen, dengan massa yang belum menentukan pilihannya mencapai 20,9%.

Hal ini diungkapkan oleh Direktur LKPI, Arianto, pada Rabu, 31 Januari 2024.

Prestasi elektabilitas Samantha Tivani juga tercermin dari keunggulan dalam berbagai metode sosialisasi, termasuk dialog tatap muka, blusukan, media sosial, dan dukungan dari tim sukses.

Survei menunjukkan bahwa popularitas dan akseptabilitas Samantha Tivani jauh melampaui caleg lainnya. Kontribusi positif dari H Herman Deru, mantan gubernur Sumatera Selatan, turut mendongkrak elektabilitasnya.

BACA JUGA:Jejaring Relawan Prabowo-Gibran Masifkan Dukungan di Sumsel untuk Pilpres 2024

BACA JUGA:AMSI dan KPU RI Bersatu Melawan Hoaks: Nota Kesepahaman untuk Cegah Berita Bohong dalam Pemilu

Dukungan internal dari Partai Nasdem juga mencerminkan keunggulan Samantha Tivani, dengan hasil survei menempatkannya sebagai pilihan utama secara konsisten.

Meskipun tidak dapat dipastikan tanpa adanya peristiwa luar biasa, diprediksi bahwa Samantha Tivani memiliki peluang besar untuk terpilih sebagai anggota DPR RI dapil dua Sumatera Selatan pada 14 Februari 2024, menguntungkan Partai Nasdem. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: