Ratusan Warga OKU Manfaatkan Program KB Gratis

Ratusan Warga OKU Manfaatkan Program KB Gratis

Pj Bupati OKU, Teddy Meilwansyah saat memantau program KB gratis di wilayahnya. Foto: Eko/Palpos.id--

BATURAJA, PALPOS.ID - Ratusan warga Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) memanfaatkan Program Keluarga Berencana (KB) gratis guna membantu masyarakat dalam mengatur jarak kelahiran anak.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) OKU, Absan, Selasa, 13 Februari 2024 mengatakan bahwa kegiatan KB gratis ini diikuti oleh ratusan masyarakat dari kaum perempuan di Kecamatan Lubuk Raja.

Dalam pelayanan ini masyarakat dapat memilih kontrasepsi sesuai keinginan dan kecocokan seperti jenis Pil KB, IUD atau alat kontrasepsi spiral, dan kondom. "Ada sekitar 400 alat kontrasepsi yang kami sediakan dalam pelayanan KB gratis ini," katanya.

Dia menjelaskan, program KB tidak hanya bertujuan untuk mengendalikan pertumbuhan penduduk, tetapi juga membantu menurunkan angka stunting yang menjadi fokus pemerintah pusat dan daerah. 

BACA JUGA:Pemkab OKU Wujudkan Kabupaten Bebas Pungutan Liar

BACA JUGA:Pemkab OKU Beri Dana Hibah Untuk Pembangunan di PN Baturaja

Dengan melibatkan program KB, jarak kelahiran anak dapat diatur sekaligus memungkinkan orang tua untuk mengelola gizi anak dan keuangan keluarga dengan lebih baik.

"Kegiatan ini akan dilaksanakan secara berkelanjutan di setiap kecamatan di Kabupaten OKU agar tercipta keluarga bahagia dan sejahtera," tegasnya.

Dengan adanya program KB ini diharapkan pertumbuhan anak menjadi berkualitas sekaligus membentuk keluarga bahagia dan sejahtera serta menurunkan angka stunting di Kabupaten OKU.

"Dalam upaya percepatan penurunan stunting, DPPKB OKU pun melaksanakan kegiatan menu dapur sehat dari protein hewani seperti daging ayam, ikan, tempe, sayur mayur, buah-buahan dan susu untuk balita, ibu hamil dan menyusui," ujarnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: