Harga Beras Tembus Rp18 Ribu Perkg

Harga Beras Tembus Rp18 Ribu Perkg

Pedagang beras di Pasar Baru Baturaja. Foto: Eko/Palpos.id--

BATURAJA, PALPOS.ID - Warga Kabupaten OKU kini semakin pusing memikirkan biaya hidup, apalagi saat ini harga sejumlah kebutuhan pokok terus merangkak naik. Bahkan untuk harga beras yang biasanya hanya dijual dikisaran Rp13 ribu hingga Rp14 ribu perkilogram, kini sudah tembus diangka Rp18 ribu perkg.

Kenaikan harga beras ini tentu saja telah membuat banyak warga merasa terbebani, terutama mereka yang memiliki keterbatasan ekonomi.

Tuti seorang pedagang di Pasar Baru, Baturaja, OKU, mengaku  kenaikan harga tersebut disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya nilai tebus ditingkat agen yang melonjak, sehingga pedagang pengecer di pasaran ikut menyesuaikan harga.

Menurut dia, harga beras termurah dijual Rp16.000 per kg dan Rp17.000 per kg untuk jenis beras spesial Pandan Wangi. Sementara untuk beras jenis premium, dipatok Rp18.000 per kg.

BACA JUGA:Bulog OKU Sediakan 7,5 Ton Beras di Pasar Murah

BACA JUGA:Bulog OKU Salurkan 235 Ribu Kg Beras Bantuan Pangan ke PKM

Tuti menyebutkan kenaikan ini tak ada kaitannya atau sebab dari masalah ketersediaan stok. Namun, sudah naik dari distributor.  "Nah kalau masalah kenaikan ini belum tahu faktornya apa ," ujarnya.

Selain itu, warga yang membeli beras di salah satu supermarket di Baturaja saat ditanyakan harga membenarkan jika harga beras saat ini sudah mencapai Rp16 ribu perkg.

"Sekampilnya isi 5 perkilogram di supermarket di banderol Rp 80 ribu, sudah sepekan ini," kata Sinta, warga Sukajadi OKU. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: