Disdik Kurangi Jam Belajar Siswa Selama Ramadhan

Disdik Kurangi Jam Belajar Siswa Selama Ramadhan

Kepala Disdik OKU, Topan Indra Fauzi. Eko/Palpos.id--

BATURAJA, PALPOS.ID - Pada bulan suci Ramadhan 1445 Hijriyah, Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) mengambil langkah untuk mengurangi jam belajar dan menghilangkan praktik pelajaran olahraga bagi siswa SD dan SMP.

Menurut Kadisdik OKU, Topan Indra Fauzi, pengurangan jam belajar sebesar 10 menit per mata pelajaran dilakukan untuk memastikan semangat belajar siswa tetap terjaga selama menjalani ibadah puasa.

Di hari biasa atau sebelum Ramadhan, para siswa biasanya masuk sekolah pada pukul 7 pagi. Namun, di bulan puasa ini, para siswa masuk sekolah pada pukul 8.30 dan pulang pada pukul 12.30 WIB.

“Kemudian, praktik pelajaran olahraga juga dihilangkan dan digantikan dengan pelajaran secara materi,” kata Topan di ruang kerjanya, Kamis, 14 Maret 2024.

BACA JUGA:Disdik OKU Tetapkan Libur Sekolah Awal Ramadhan 1445 Hijriyah

BACA JUGA:Disdik OKU Lestarikan Bahasa Daerah

Keputusan ini didasarkan atas penghormatan terhadap para siswa yang sedang menjalankan ibadah puasa.

Topan berpendapat bahwa melakukan olahraga dengan intensitas tinggi saat berpuasa dapat berdampak tidak sehat dan tidak bermanfaat bagi kesejahteraan siswa yang sedang berpuasa.

“Para siswa SD dan SMP mulai masuk sekolah pada tanggal 15 Maret 2024, pasca cuti bersama Hari Raya Nyepi dan hari pertama Ramadhan,” bebernya.

Dengan langkah tersebut diharapkan para siswa dapat menjalani ibadah puasa dengan lebih nyaman dan fokus pada kegiatan belajar di bulan suci Ramadhan. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: