Kebocoran Sumur Migas RJA 54 Berhasil Ditutup

Kebocoran Sumur Migas RJA 54 Berhasil Ditutup

Pertamina Hulu Rokan Zona 4, menutup Kebocoran Sumur Migas RJA 54-Foto: Prabu-

PRABUMULIH, PALPOS.ID - General Manager Pertamina Hulu Rokan Zona 4, Djudjuwanto, mengatakan bahwa tim IMT (Incident Management Team) telah berhasil menutup kebocoran sumur migas RJA 54 Adera Field yang mengalami kebocoran sejak Selasa 12 Maret 2024.

“Alhamdulillahi rabbil'alamin, kami sampaikan bahwa penanganan kebocoran sumur Migas RJA 54 Adera Field telah berhasil ditangani dengan tepat, aman dan selamat pada hari ini Senin 18 Maret 2024, pukul 14.30 WIB,” ungkap Djudjuwanto.

Dijelaskannya, dalam menentukan metode penanganan yang cepat dan tepat dibutuhkan analisa dan fokus tim yang cermat, mengingat pekerjaan ini termasuk beresiko tinggi. 

“Memang diperlukan penanganan yang cepat dan tepat, namun kami juga harus fokus pada aspek keselamatan yang merupakan prioritas utama,” ujarnya.

BACA JUGA:Sidang Pelanggaran Administratif Pemilu Berlangsung “Panas”, Majelis Hakim Terkesan Diintimidasi Pihak Luar

BACA JUGA:Dorong Inklusi Keuangan dan Transaksi Digital, BRI Prabumulih Gelar Pasar Ramadhan 2024

Karena itulah sambung Djudjuwanto, guna memastikan aspek keselamatan pada proses penanganan kebocoran, tim IMT PHR Regional 1 Sumatera Zona 4 sebelumnya melakukan simulasi metode penutupan sumur untuk mendapatkan gambaran terhadap hal-hal yang harus diantisipasi.

Lebih lanjut Djudjuwanto menuturkan, tim Adera Field juga telah melakukan pemantauan dan pengamanan di 8 titik pantau yang merupakan lokasi aktifitas masyarakat seperti kebun dan penambangan pasir tradisional termasuk mengadakan Gas Test setiap 1 jam.

"Adera Field juga memprioritaskan penangananan masyarakat yang terdampak, seperti bantuan masker, obat-obatan dan terutama kebutuhan bulan Ramadhan (sahur, buka puasa)," ucapnya seraya menuturkan meskipun penanganan kebocoran sumur sudah selesai dilakukan, tetapi tim medis masih tetap siaga dilapangan. 

"Hal ini semata untuk memantau apabila ada efek dari kejadian yang dialami oleh masyarakat sekitar," imbuhnya seraya mengatakan sarana penyampaian informasi juga dibuka oleh Adera Field dengan bekerjasama dan berkoordinasi bersama kepala desa setempat agar proses penyampaian informasi dapat terkoordinir satu pintu melalui pemerintah desa.

BACA JUGA:Sumur RJA-54 Semburkan Gas dan Bau Menyengat, Warga Curup Tanah Abang Dilanda Kecemasan

BACA JUGA:Atasi Kemacetan Selama Puasa Ramadhan, Satlantas Polres Prabumulih Siagakan Personel dan Tingkatkan Patroli

Masih kata Djudjuwanto, penanganan sosial yang dilakukan oleh tim Adera Field berada di dua wilayah administratif Desa Curup, Kecamatan Tanah Abang Kabupaten PALI dan Kelurahan Payuputat Kecamatan Prabumulih Barat Kota Prabumulih.

Sementara itu, Kepala Perwakilan SKK Migas Sumbagsel, Anggono Mahendrawan, menegaskan bahwa gerak cepat ini merupakan bentuk tanggung jawab dari Pertamina yang dijalankan dengan maksimal dan sangat baik. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: