Daun Tapak Dara Dapat Mencegah Stres dan Insomnia

Daun Tapak Dara Dapat Mencegah Stres dan Insomnia

Daun Tapak Dara Dapat Mencegah Stres dan Insomnia.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

KESEHATAN, PALEMBANG POS.ID - Daun tapak dara atau yang memiliki nama latin Catharanthus roseus L., telah lama digunakan oleh para ahli herbal sebagai obat alternatif untuk berbagai masalah kesehatan. 

Dengan beragam kandungan zat di dalamnya, daun tapak dara terbukti efektif dalam mengatasi berbagai gangguan kesehatan.

Beberapa kandungan utamanya meliputi ajmalcine, vinrosidin, leurosine, reserpine, viblastime, locherine, vindolinine, akuammine, dan vincamine, yang semuanya memberikan manfaat luar biasa bagi tubuh.

Manfaat daun tapak dara bagi kesehatan 

1. Menurunkan demam: Air rebusan daun tapak dara memiliki sifat anti piretik yang mampu menurunkan suhu tubuh dengan cepat dan efisien, membantu mengatasi demam tanpa menimbulkan efek samping yang berlebihan.

BACA JUGA:Manfaat Rempah-rempah Bagi Kesehatan Dapat Mempercepat Proses Penyembuhan

BACA JUGA:Horoskop: Ramalan Bintang Rabu 27 Maret 2024, Sagitarius Jaga Kesehatanmu, Cancer dibawa Rileks Saja

2. Mengatasi susah buang air kecil: Daun tapak dara mengandung sifat diuretik yang baik untuk menyehatkan kandung kemih, membantu melancarkan buang air kecil, dan meredakan rasa sakit yang terkait.

3. Mengobati luka bakar: Tumbukan daun tapak dara dapat ditempelkan pada luka bakar untuk mencegahnya semakin parah dan mempercepat proses penyembuhan.

4. Menurunkan tekanan darah tinggi: Air rebusan daun tapak dara dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi, mengurangi risiko stroke dan serangan jantung.

5. Mencegah penyakit kanker: Daun tapak dara mengandung senyawa penangkal radikal bebas yang efektif dalam mencegah berbagai jenis kanker, termasuk kanker rahim, kanker payudara, kanker usus, dan leukemia.

BACA JUGA:Buah Gandaria Dapat Menetralisir Racun dan Menjaga Kesehatan Mata

BACA JUGA:BPJS Kesehatan Pastikan Akses Layanan JKN Selama Libur Lebaran, Siagakan Posko Mudik

6. Mencegah stres dan insomnia: Minum teh daun tapak dara dapat membantu merilekskan pikiran dan meredakan stres serta membantu meningkatkan kualitas tidur dengan menenangkan saraf otak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: