Polres OKU Gencarkan Sidak SPBU Jelang Idul Fitri

Polres OKU Gencarkan Sidak SPBU Jelang Idul Fitri

Tim Pidsus Polres OKU melakukan sidak di salah satu SPBU di Kota Baturaja. Foto: Eko/Palpos.id--

BATURAJA, PALPOS.ID - Tim Pidsus Polres Ogan Komering Ulu (OKU), menggencarkan inspeksi mendadak (sidak) di seluruh SPBU di wilayah itu guna memastikan distribusi Bahan Bakar Minyak (BBM) menjelang Idul Fitri 1445 Hijriyah aman dan lancar.

"Sidak ini dilaksanakan oleh Unit Pidana Khusus (Pidsus) sebagai bagian dari upaya menjaga kestabilan dan kelancaran distribusi BBM menjelang Idul Fitri 1445 H," kata Kapolres OKU AKBP Imam Zamroni, Senin, 1 April 2024.

Dia mengatakan bahwa sidak ini dilakukan sebagai langkah preventif untuk mencegah potensi kecurangan yang dapat merugikan konsumen.

Tim Pidsus Polres OKU mendatangi seluruh Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) guna memeriksa takaran, kadar, dan kondisi mesin nozle yang digunakan untuk pengisian BBM.

"Seperti di SPBU 24.321.112 UB di Jalan Lintas Sumatera Desa Tanjung Baru, Kecamatan Baturaja Timur, Kabupaten OKU yang menjadi sasaran sidak petugas di lapangan," katanya.

BACA JUGA:Pidsus Polres OKU Sidak Harga Sembako di Pasar Tradisional Baturaja

BACA JUGA:Pemkab OKU Sidak Pasar Jelang Ramadhan

Berdasarkan hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa takaran BBM di SPBU tersebut untuk jenis Pertamax masih berada dalam ambang batas kesalahan yang diizinkan, yakni sekitar 0,1 persen atau sekitar 100 ml dalam 20 liter BBM.

Begitupun dengan hasil pengujian terhadap mesin Pertalite yang juga menunjukkan angka plus minus sekitar 100 ml dalam 20 liter BBM atau masih dalam ambang batas yang diizinkan.

"Kami juga melakukan pengecekan terhadap tera/seal pada mesin dan sejauh ini masih normal," tegasnya.

Kapolres menegaskan, sidak ini akan dilakukan secara berkala hingga H-1 Idul Fitri 1445 H untuk memastikan tidak terjadi kecurangan di SPBU yang dapat merugikan masyarakat.

"Dengan adanya kegiatan ini diharapkan masyarakat dapat melakukan aktivitas mudik dan berlebaran dengan tenang dan nyaman tanpa khawatir akan ketersediaan dan kualitas BBM yang mereka beli di SPBU," ujarnya. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: