Pemkab OKU Gelar Gerakan Pangan Murah Jelang Idul Fitri

Pemkab OKU Gelar Gerakan Pangan Murah Jelang Idul Fitri

Masyarakat antre membeli sembako di pasar murah yang digelar Pemkab OKU di Kecamatan Baturaja Barat. Foto: Eko/Palpos.id--

BATURAJA, PALPOS.ID - Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), menggelar gerakan pangan murah untuk membantu masyarakat memenuhi kebutuhan pokok menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriyah.

Penjabat Bupati OKU, Teddy Meilwansyah, Kamis 4 April 2024 mengatakan bahwa gerakan pangan murah tersebut digencarkan secara bertahap di beberapa titik menjelang Idul Fitri.

"Untuk hari ini gerakan pangan yang dikemas dalam kegiatan operasi pasar digelar di Kecamatan Baturaja Barat dan dilanjutkan esok hari di Baturaja Timur," katanya.

Dalam kegiatan tersebut pihaknya menggandeng Perum Bulog sebagai pihak penyedia barang kebutuhan pokok untuk dijual kepada masyarakat dengan harga terjangkau.

BACA JUGA:Atasi Stunting, Pemkab OKU Siapkan Dua Terobosan Utama

BACA JUGA:Pemkab OKU Gandeng 200 UMKM di Pasar Bedug

Adapun barang kebutuhan pokok yang tersedia meliputi beras Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) sebanyak 2 ton, daging kerbau beku 300 kilogram (Kg), telur ayam ras 200 Kg, 2 ton tepung terigu, dan 2 ton minyak goreng.

"Rata-rata barang kebutuhan pokok ini dijual dengan harga yang lebih murah dari pasar seperti telur ayam hanya Rp26.000/Kg dan daging kerbau beku Rp80.000/Kg," katanya.

Masyarakat pun bebas memilih sembako yang akan dibeli dalam jumlah banyak untuk kebutuhan menyambut Hari Raya Idul Fitri tahun 2024.

"Operasi pasar murah ini terbuka untuk masyarakat umum dan tidak diharuskan membawa persyaratan khusus dalam membeli sembako," ujarnya.

Ia berharap kegiatan tersebut dapat membantu meringankan beban masyarakat di tengah lonjakan harga sembako, terutama pada beras yang saat ini sedang melonjak di pasaran. "Diharapkan pula dengan adanya operasi pasar dapat menekan inflasi di Kabupaten OKU," harapnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: