Fatwa MUI Bandung: Periksa Gigi dan Mulut Saat Berpuasa Tidak Membatalkan Puasa

Fatwa MUI Bandung: Periksa Gigi dan Mulut Saat Berpuasa Tidak Membatalkan Puasa

--

KESEHATAN, PALPOS.ID - Berpuasa di bulan Ramadan bukan hanya sekadar menahan lapar dan haus, melainkan juga sebuah ibadah yang memiliki keutamaan dan keberkahan tersendiri dalam agama Islam.

Namun, munculnya pertanyaan tentang apakah memeriksakan gigi dan mulut saat berpuasa dapat membatalkan ibadah puasa menjadi perbincangan yang menarik di tengah masyarakat.

Dalam konteks ini, Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Bandung memberikan penegasan yang dapat menghilangkan keraguan tersebut.

BACA JUGA:Pepsodent Berikan Pelatihan dan Edukasi Kesehatan Gigi dan Mulut kepada Santri Ponpes SMB Palembang

BACA JUGA:Oncom Dapat Mencegah Perut Kembung dan Menekan Produksi Racun

Pada tanggal 5 April 2024, Direktur Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Universitas Sumatera Utara (USU), drg. Siti Salmiah Sp.KGA.Subsp.KKA(K), mengungkapkan kekhawatiran terhadap penurunan kunjungan pasien gigi selama bulan Ramadan.

Meskipun sebelumnya, menjelang Ramadan, kunjungan pasien umumnya meningkat karena masyarakat ingin memastikan kesehatan gigi dan mulut mereka sebelum memulai ibadah puasa.

Namun situasi berubah ketika Ramadan tiba. Ada penurunan signifikan kunjungan pasien gigi umum di RSGM USU dan rumah sakit gigi lainnya, seperti di Universitas Gajah Mada, Yogyakarta, serta Universitas Padjadjaran, Bandung.

BACA JUGA:Jamur Kuping Dapat Mengurangi Stress dan Mencegah Anemia

BACA JUGA:Daun Binahong Merah Dapat Menyembuhkan Jerawat Serta Penyakit Lambung

Penurunan kunjungan ini disebabkan oleh kekhawatiran masyarakat bahwa melakukan perawatan gigi dan mulut saat berpuasa dapat membatalkan ibadah puasa mereka.

Namun, dalam pandangan agama, terutama menurut Fatwa MUI Kota Bandung Nomor: 250/E/MUI-KB/V/2018, tindakan perawatan gigi seperti pembersihan karang gigi, pencabutan, atau penambalan gigi tidak membatalkan puasa.

Ustaz Dr. Zulkarnain Muhammad Ali, SE., MSi., Ph.D, Da'i Nasional bersertifikasi MUI & Kemenag RI, menjelaskan bahwa merawat gigi adalah bagian dari menjaga karunia Allah.

BACA JUGA:Menyingkap Keunikan Daun Seledri di Dunia Kuliner dan Kesehatan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: