Imigrasi Palembang turunkan tiga tim layani calon haji Sumsel-Babel

 Imigrasi Palembang turunkan tiga tim layani calon haji Sumsel-Babel

--

INFORIAL, PALPOS.ID-Dalam persiapan menyambut keberangkatan ribuan calon haji asal Sumatera Selatan (Sumsel) dan Bangka Belitung (Babel), Kantor Imigrasi Kelas I Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Palembang telah menggelar strategi pelayanan yang matang.

Sebagai bagian dari upaya tersebut, mereka telah menurunkan tiga tim pelayanan dengan total anggota sebanyak 84 orang untuk memfasilitasi proses pemeriksaan dokumen keimigrasian.

Menurut Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palembang, Mohammad Ridwan, tiga tim tersebut telah disiapkan secara khusus untuk melayani calon haji yang dijadwalkan berangkat melalui Embarkasi Haji Bandara SMB II mulai tanggal 12 Mei 2024.

BACA JUGA:Kemenkumham Sumsel Sosialisasikan Perseroan Perorangan ke Pelaku Usaha Lubuklinggau

BACA JUGA:Kemenkumham Sumsel gelar Mobile IP Clinic 2024

"Tim-tim ini akan bertugas secara intensif dalam melakukan pemeriksaan paspor dan dokumen keimigrasian untuk 8.506 calon haji yang akan berangkat pada musim haji 1445 Hijriah/2024 ini," ujarnya di Palembang pada hari Kamis.

Ridwan menjelaskan bahwa para calon haji tersebut terbagi dalam 19 kelompok terbang (kloter) yang akan diberangkatkan dalam dua gelombang menggunakan pesawat Saudi Arabian Airlines.

Gelombang pertama akan melibatkan kloter 1 hingga 9 dengan pemberangkatan mulai tanggal 12 hingga 23 Mei 2024, sementara gelombang kedua akan melibatkan kloter 10 hingga 19 dengan pemberangkatan mulai tanggal 24 Mei hingga 4 Juni 2024.

BACA JUGA: Kakanwi Kemenkumham Sumsel Resmikan de Paslah Cafe Lapas Lahat

BACA JUGA:Dua Indikasi Geografis Khas Sumatera Selatan Diproses DJKI Kemenkumham

Dari total 8.506 calon haji, sebanyak 7.295 orang berasal dari Sumatera Selatan, 1.116 orang berasal dari Bangka Belitung, dan 95 orang merupakan petugas haji dari semua kloter.

Untuk calon haji asal Bangka Belitung, pemberangkatannya akan terjadi pada gelombang pertama melalui kloter 4, 5, dan 6.

Mekanisme pemeriksaan paspor telah dirancang dengan cermat untuk memastikan kelancaran proses keberangkatan.

BACA JUGA: Lantik 5 Orang PPNS, Ini Pesan Kakanwil Kemenkumham Sumsel

BACA JUGA:Puncak Peringatan HBP ke-60, Kemenkumham Sumsel Gelar Upacara dan Syukuran

Petugas Imigrasi sudah tiba di Asrama Haji Palembang 4-5 jam sebelum waktu keberangkatan untuk melaksanakan pemeriksaan dan peneraan cap keberangkatan di paspor para jamaah.

"Dengan mekanisme pemeriksaan ini, para calon haji dapat langsung menuju ke bandara dari asrama haji menggunakan bus dan masuk pesawat dengan lancar," tambah Ridwan.

Selain itu, Kepala Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Sumsel, Ilham Djaya, memberikan imbauan kepada tim Imigrasi Palembang yang akan bertugas dalam melayani pemberangkatan calon haji untuk mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: