Rumah Dinas Bupati OKU Dijadikan Dapur Umum

Rumah Dinas Bupati OKU Dijadikan Dapur Umum

Tampak para pengungsi mulai memadati dapur umum di Rumdin Bupati OKU. Foto: Eko/Palpos.id--

BATURAJA, PALPOS.ID - Rumah Dinas Bupati Ogan Komering Ulu (OKU), di Kelurahan Baturaja Lama, Kecamatan Baturaja Timur dijadikan dapur umum dan tempat pengungsian untuk korban banjir di wilayah tersebut.

Penjabat Bupati OKU Teddy Meilwansyah, Kamis, 9 Mei 2024 mengatakan bahwa dapur umum ini diperuntukkan bagi korban banjir yang melanda wilayahnya pada Selasa (7/5).

Sebelumnya, Pemkab OKU sudah mendirikan dapur umum di beberapa titik meliputi di RSUD Ibnu Sutowo Baturaja, Masjid Islamic Center, Kantor Dinas Pendidikan, Kantor Camat Baturaja Timur, Kantor Kelurahan Saung Naga dan Masjid Al-Mutaqin Desa Pusar, Kecamatan Baturaja Barat.

"Namun karena korban banjir sangat banyak yaitu lebih dari 1.500 unit rumah yang terdampak bencana, kami menambah dapur umum menggunakan Rumah Dinas Bupati OKU," katanya.

BACA JUGA:BPBD OKU Minta Masyarakat Waspada Banjir dan Tanah Longsor

BACA JUGA:Korban Banjir di OKU Terima Bantuan Makanan Tambahan

Dia mengatakan, Rumah Dinas Bupati difungsikan sebagai tempat penampungan untuk pengungsi dari Dusun Baturaja, Kelurahan Baturaja Lama, Kecamatan Baturaja Timur yang juga terdampak banjir.

Di sana, sejumlah tenda dapur umum didirikan, serta guest house dijadikan tempat beristirahat bagi pengungsi.

Posko pengungsian dan dapur umum ini didirikan dengan daya tampung lebih dari 100 orang pengungsi agar para korban dapat makan dan beristirahat pasca menghadapi bencana alam.

Selain itu, di posko juga disiapkan petugas kesehatan dan makanan khusus untuk balita yang disediakan oleh Dinas Kesehatan OKU.

"Kami terus memantau dapur umum untuk untuk memastikan ketersediaan makanan bagi pengungsi. Beberapa lansia juga memeriksakan diri ke petugas kesehatan guna menghindari berbagai penyakit akibat banjir," ujarnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: