Kabupaten OKU Diterjang Banjir Bandang

Kabupaten OKU Diterjang Banjir Bandang

Tim BPBD OKU saat mengevakuasi warga yang rumahnya kebanjiran. Foto: Eko/Palpos.id--

BATURAJA, PALPOS.ID - Wilayah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) diterjang banjir bandang akibat luapan Sungai Ogan yang terjadi pada Kamis, 23 Mei 2024 dini hari.

"Sungai Ogan meluap dini hari tadi sekitar pukul 01.00 WIB hingga menimbulkan banjir bandang," kata Manager Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) OKU, Gunalfi.

Berdasarkan pantauan banjir merendam sejumlah kecamatan di Kabupaten OKU seperti di Kecamatan Ulu Ogan, Peninjauan, Semidang Aji, Lengkiti, Baturaja Timur dan Baturaja Barat dengan ketinggian air mencapai 1-2 meter. "Saat ini kami masih melakukan pendataan," katanya.

BPBD OKU pun menerjunkan personel dan perahu karet untuk membantu mengevakuasi warga terdampak banjir guna mengantisipasi korban jiwa.

BACA JUGA:11 Kecamatan di OKU Rawan Banjir dan Tanah Longsor

BACA JUGA:BPBD OKU Data 13.600 Rumah Warga Terendam Banjir

Sementara, menurut Devi warga Desa Pusar, Kecamatan Baturaja Barat mengaku terpaksa mengungsi karena rumah yang dihuninya terendam banjir mencapai 2 meter.

"Air cepat sekali meninggi hingga masuk ke dalam rumah sehingga tidak banyak barang berharga yang bisa diselamatkan," jelasnya.

Menurut dia, bencana alam kali ini lebih parah dibandingkan banjir yang terjadi pada awal bulan lalu yang datang secara tiba-tiba.

"Untuk sementara waktu saya terpaksa mengungsi ke tempat keluarga mengingat debit air Sungai Ogan terus meningkat," ujarnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: