Kuliner Kreatif Palembang: Transformasi Ikan Menuju Gaya Hidup Sehat

 Kuliner Kreatif Palembang: Transformasi Ikan Menuju Gaya Hidup Sehat

--

METROPOLIS, PALPOS.ID-Di tengah tantangan meningkatnya kebutuhan akan asupan protein berkualitas tinggi dalam masyarakat.

Pemerintah Kota Palembang mengambil langkah inovatif dengan memanfaatkan sumber daya lokal yang melimpah, yaitu ikan, untuk memperkaya ragam kuliner dan meningkatkan kesehatan serta kesejahteraan masyarakatnya.

Melalui Lomba Inovasi Menu Masakan Berbahan Baku Ikan yang digelar di Transmart pada Jumat (31/5/2024), kota ini menandai langkah signifikan dalam merangsang minat konsumsi ikan, sebuah sumber protein yang penting.

BACA JUGA: Kota Palembang Gencar Sosialisasikan Gemar Ikan: Upaya Meningkatkan Konsumsi untuk Kesehatan Masyarakat

BACA JUGA:Resmikan Rumah ke-10 Bedah Rumah Baznas Palembang, Ratu Dewa Beri Pesan Haru untuk Penerima Bantuan

Kepala Dinas Perikanan Kota Palembang, Ahmad Zazuli, menyoroti pentingnya peran inovasi dalam merespon tren konsumsi makanan kekinian yang belum tentu sehat dan bernutrisi tinggi.

"Melihat ikan sebagai sumber protein yang tinggi, masyarakat saat ini dituntut untuk mampu memodifikasi makanan yang bersumber dari ikan," ungkapnya.

Transformasi ikan menjadi makanan modern dan kekinian diharapkan dapat menaikkan minat konsumsi ikan di Palembang.

BACA JUGA:Kenaikan Harga Bawang Merah dan Emas Pengaruhi Inflasi di Palembang

BACA JUGA:Rayakan Hari Bumi, Telkomsel Kampanye 'Jejak Kebaikan' Bersama Pelanggan

Menariknya, tidak hanya mengubah bentuk asli ikan menjadi makanan yang lebih menarik secara visual, tetapi juga memberikan nilai tambah dalam hal kesehatan.

Dengan memanfaatkan kreativitas peserta lomba, telah diciptakan beragam makanan berbahan dasar ikan seperti Gyoza Ikan Seluang, Mie Ikan Gabus, Cookies Ikan Gabus, dan Cookies Ikan Sepat.

Ini bukan hanya berarti variasi dalam pola makan masyarakat, tetapi juga merupakan langkah penting dalam memberikan alternatif sehat bagi mereka yang mungkin kurang menyukai ikan dalam bentuk konvensional.

BACA JUGA:Sidak 2 Pasar Modern, Pemkot Palembang Pastikan Keamanan dan Stok Pangan Jelang Lebaran 2024

BACA JUGA:Pengusaha Diingatkan agar THR Dibagikan H-7 Lebaran, Ini Kata Anggota Dewan

Zazuli menegaskan bahwa melalui berinovasi dalam pembuatan makanan dari ikan, akan lebih mudah untuk sosialisasi dan familiarisasi di masyarakat luas.

"Dengan kemampuan peserta seperti yang terdiri dari chef, masyarakat umum, dan mahasiswa ini, kita harapkan ada jenis makanan yang selama ini tidak ada unsur ikannya jadi ada," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: