RDPS Dukung Pengembangan Wisata Sungai Musi, Dermaga Khusus Perahu Getek Segera Dibangun

RDPS Dukung Pengembangan Wisata Sungai Musi, Dermaga Khusus Perahu Getek Segera Dibangun

RDPS Dukung Pengembangan Wisata Sungai Musi-erika/palpos.id-

PALEMBANG, PALPOS.ID – Dalam upaya memperkuat sektor pariwisata di Palembang, pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palembang nomor urut 2, Ratu Dewa-Prima Salam (RDPS), merencanakan pembangunan dermaga khusus untuk perahu getek di Sungai Musi.

Rencana ini dipaparkan langsung oleh Ratu Dewa saat menghadiri dialog bersama Paguyuban Getek Kota Palembang di Dermaga Kampung Kapitan, Senin, 7 Oktober 2024.

Tidak hanya dermaga, RDPS juga akan membantu para serang getek—pengemudi perahu—untuk memperoleh Surat Izin Mengemudi (SIM) dan Sertifikat Kelayakan Perahu Motor (SKK). Langkah ini dilakukan agar pekerjaan mereka lebih aman dan legal.

"Kami ingin memberikan sertifikat kelayakan getek, baik di Sungai Musi maupun danau-danau sekitar. Selain itu, RDPS akan mempermudah serang getek mendapatkan SIM, meski membutuhkan koordinasi dengan Pemerintah Kota dan Kementerian terkait," ujar Ratu Dewa.

BACA JUGA:RDPS Kedepankan Program Pro Rakyat untuk Masyarakat Palembang, Pastikan Bersentuhan Langsung dengan Masyarakat

Sejauh ini, RDPS telah menginventarisir 240 serang getek yang akan dibantu dalam pengurusan SIM dan SKK.

Program ini juga mencakup pemberdayaan istri serang getek sebagai pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga mereka.

Dalam dialog tersebut, Ratu Dewa menegaskan komitmen RDPS untuk memberikan perlindungan sosial kepada serang getek. Mereka akan didaftarkan sebagai penerima Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM) melalui BPJamsostek, sebagai bagian dari program "Palembang Peduli" yang menyasar pekerja rentan seperti sopir angkot, pedagang kaki lima, dan lainnya.

Ketua Paguyuban Getek Palembang, Jailani, mengapresiasi inisiatif RDPS dan menyebutkan bahwa sebagian besar serang getek saat ini belum memiliki SIM karena kesulitan dalam proses pengurusannya. 

BACA JUGA:Flayer ‘Ibu Cukup Menata Rumah’ Bukan dari RDPS, Juru Bicara: RDPS Komitmen Pemilu Damai

"SIM itu penting bagi kami, sama seperti pengendara darat. Jika terjadi kecelakaan, asuransi bisa menjamin kami jika punya SIM,"katanya.

Selain dermaga yang diusulkan, serang getek juga berharap pembangunan dermaga khusus tersebut dapat memudahkan wisatawan yang ingin menikmati keindahan Sungai Musi, sekaligus meningkatkan pendapatan mereka.

Dengan hadirnya dermaga dan legalitas yang lebih baik bagi para serang getek, RDPS optimistis wisata Sungai Musi akan semakin berkembang dan menjadi daya tarik utama bagi wisatawan domestik maupun mancanegara.

BACA JUGA:RDPS Siapkan Program 'Kelakar', Warga Kertapati Antusias Beli Beras Murah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: