Pendidikan Enam Calon Taruna Dibiayai Penuh Oleh Pemkab

Pendidikan Enam Calon Taruna Dibiayai Penuh Oleh Pemkab

Rapat Pembahasan Tindak Lanjut Kelulusan Calon Taruna/Taruni PTDI-STTD dengan Pola Pembibitan Daerah Kabupaten Muara Enim di ruang rapat Serasan Sekundang Muara Enim.Foto:Febi/Palpos.id--

MUARA ENIM, PALPOS.ID - Untuk penuhi Kebutuhan SDM Aparatur Perhubungan di Kabupaten Muara Enim, Pemkab Muara Enim berikan bantuan pembiayaan penuh dari APBD Kabupaten Muara Enim untuk enam calon taruna yang akan menimba ilmu di Politeknik Transportasi Darat Indonesia – Sekolah Tinggi Transportasi Darat (PTDI -STTD), Kementerian Perhubungan RI.

 

“Program ini adalah program pertama di Indonesia. Dimana Taruna/Taruni nya dibiayai seluruhnya melalui APBD. Kalau di daerah lain, untuk pembiayaannya belum penuh seperti yang dilakukan Pemkab Muara Enim,” kata Kadishub Muara Enim melalui Kabid Transportasi dan Angkutan Jalan Ahmad Junaini pada Rapat Pembahasan Tindak Lanjut Kelulusan Calon Taruna/Taruni PTDI-STTD dengan Pola Pembibitan Daerah Kabupaten Muara Enim di ruang rapat Serasan Sekundang Muara Enim, Jumat (9/9).

 

Menurut Pj Sekda Muara Enim, H Riswandar SH MH didampingi Kabid Transportasi dan Angkutan Jalan Dishub Muara Enim, Ahmad Junaini, bahwa ide kerjasama Pemkab Muara Enim dengan Politeknik Transportasi Darat Indonesia – Sekolah Tinggi Transportasi Darat (PTDI -STTD), Kementerian Perhubungan RI, berawal adalah untuk memenuhi Kebutuhan SDM Aparatur Perhubungan di Kabupaten Muara Enim yang pada saat itu masih sangat kurang.

 

Oleh sebab itu dicarilah pola kerja sama melalui pola pembibitan SDM sehingga secara khusus Politeknik Transportasi Darat Indonesia-STTD dapat memberikan peluang bagi putra/putri terbaik Kabupaten Muara Enim untuk menempuh pendidikan yang sepenuhnya dibiayai dari APBD Kabupaten Muara Enim.

 

“Sesuai perjanjian, nantinya para taruna/taruni yang telah lulus akan dikembalikan untuk mengabdi sebagai aparatur sipil negara di Pemkab Muara Enim,” kata Mantan Kadishub Muara Enim ini.

 

Pada tahun 2021 yang lalu, lanjut Riswandar, berdasarkan hasil seleksi ternyata sebanyak 5 orang putra/putri terbaik Kabupaten Muara Enim berhasil lolos menjadi calon Taruna/Taruni, yang terdiri dari 2 orang di Program Studi D4 Sarjana Terapan Transportasi Darat, 2 orang di D3 Manajemen Transportasi Jalan dan 1 orang di D3 Manajemen Transportasi Perkeretaapian.

 

Untuk tahun 2022 ini, kata dia, ada enam Taruna yang dinyatakan lulus, namun belum tahu akan ditempatkan dimana sebab kampusnya ada dua yakni di Kalimantan dan Bekasi. “Saat ini, kita masih menunggu pengumuman penempatannya,” ujarnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: