Awasi Pemilu 2024, Bawaslu Ogan Ilir Bangun Sinergi dengan Awak Media

Awasi Pemilu 2024, Bawaslu Ogan Ilir Bangun Sinergi dengan Awak Media

Bawaslu Ogan Ilir Bersama Awak Media, Selasa 29 November 2022. -Palpos.id-

INDRALAYA, PALPOS.ID - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Ogan ilir (OI) menggelar serangkaian acara sosialisasi dalam menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) serentak pada 2024 mendatang.

Salah satunya membangun sinergi dengan awak media yang ada di Ogan Ilir melalui seminar sosialisasi pengawasan partisipatif dengan mengusung tema "Peran Media massa Dalam Pengawasan Pemilu 2024".

Acara tersebut berlangsung Senin dan Selasa, 28-29 November 2022 bertempat di Hotel 101 Rajawali Palembang.

Dalam serangakaian acara, Bawaslu Ogan Ilir menghadirkan tiga narasumber yakni ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ogan Ilir Masyuryati, Ketua PWI Sumsel H Firdaus Komar, dan Ketua Bawaslu Sumsel Yenli Elmanoferi.

BACA JUGA:Giliran 4 Bendahara Bawaslu OI Diperiksa Kejari

Adapun peserta acara dihadiri oleh 46 Pewarta dari berbagai media massa yang ada di Kabupaten Ogan Ilir.

Ketua Bawaslu Ogan Ilir Darmawan Iskandar mengatakan, acara tersebut bertujuan untuk memberikan sosialisasi kepada masyarakat terkait fungsi dan tugas pokok Bawaslu.

Hal itu dilakukan mengingat peran media massa yang sangat penting dalam memberikan informasi dan juga edukasi. 

Dengan terbangunya sinergi antar Bawaslu dan media massa diharapkan informasi dapat secara cepat, tepat dan akurat dan Update diterima masyarakat. Tertunya dengan filterisasi dan dari sumber yang terpercaya.

BACA JUGA:Terkait Penetapan Tersangka Korupsi Bawaslu OI, Titis Rahmawati Sebut Kejari Terlihat Tidak Berkualitas

"Kita paham betul peran serta jurnalis sangat penting dalam proses pelaksaan ini. Dalam rangka melakukan pengawasan terhadap pemilu 2024 mendatang.

Dengan adanya kegiatan ini kami berharap kita bersama dapat memahami pemilu ini dengan satu pemahaman. Sehingga sinergi antar Bawaslu dan jurnalis dapat berjalan secara maksimal," ungkap Iskandar.

Iskandar mengatakan pihaknya akan membuka Informasi terkait apa saja yang nantinya dibutuhkan oleh wartawan terkait proses jalanya Pemilu 2024 yang dilaksankan secara serentak tersebut.

"Kita juga perlu filterisasi terkait isu-isu ataupun kejadian yang terjadi yang kerap mencuat di media sosial dan menyebar secara luas. Sehingga informasi tersebut dapat di cerna oleh masyarakat secara positif," terangnya.

BACA JUGA:Penyidik Kejari Tahan Dua Tersangka Dugaan Korupsi Dana Hibah Bawaslu OI, Ini Alasannya

Selain itu, dengan terjalinya sinergi itu juga diharapkan dapat mendorong peran dan fungsi Bawaslu semaksimal mungkin.

"Kita sadar betul dengan sumber daya manusia yang ada di Bawaslu. Kita akan melakukan pengawasan secara maksimal.

Oleh karena itu kita berupaya semaksimal mungkin menggandengan dan mensinergikan dengan awak media, agar upaya tersebut dapat berlangsung dengan sukses, aman dan sesuai harapan," terangnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: