38 Desa Akan Laksanakan Pilkades

38 Desa Akan Laksanakan Pilkades

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Muara Enim Drs H Rusdi Hairullah MSi-Foto : Febi-PALPOS.ID

MUARA ENIM, PALPOS.ID  - Sebanyak 38 Desa di Kabupaten Muara Enim akan melaksanakan pemilihan kepala desa di tahun 2023. Dimana 38 desa tersebut berasal dari 16 kecamatan.

'Untuk tahun ini ada 38 desa yang akan melaksanakan pemilihan kepala desa yang berasal dari 16 kecamatan saja," ujar Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Muara Enim Drs H Rusdi Hairullah MSi, Senin (23/1).

BACA JUGA:Sporty Biliar Gelar Oven Nine Ball, Peserta Asah Kemampuan

Lanjutnya, prosesnya adalah enam bulan sebelum dilantik, dimana pelantikan akan dilaksanakan Desember 2023 sehingga prosesnya dimulai Juli 2023.

Dalam pelaksanakan Pilkades 2023 ini diakui memang sarat akan pengaruh politik dimana 2023 - 2024 memang tahun politik.

BACA JUGA:Dana BSU Kamu Belum Tersalur ke Rekening, Kok Bisa, Bisa Jadi Ini Penyebabnya!

"Tapi bisa dipastikan untuk pilkades kita ini tidak terpengaruh dengan politik tersebut dan memang ini sudah perintah dari kementrian pemberdayaan Desa dan PDTT," ungkapnya.

Artinya kita mendahului sebelum masuk masa atau proses pemilu jadi tidak mengganggu. Untuk proses seleksi Pilkades sendiri, kata dia, sama dengan sebelumnya seperti di tahun 2021 lalu.

BACA JUGA:MPP Muara Enim Segera Beroperasi

"Ya sistemnya masih sama seperti 2021 lalu. Calonnya maksimal lima orang, apabila lebih maka berdasarkan aturan harus seleksi melalui Sistem Informasi Penyaringan Aparatur Desa (SIMPAPDES) itu untuk menyaring agar calon kades ini maksimal lima orang," terangnya.

BACA JUGA:Tarif BPJS Akan Kmebali NAIK ? Bagindo Togar : Silahkan Naik Pasca Pemilu Serentak!

Kalau sekarang belum tahu berapa desa yang akan menjalani Simpapdes karena belum masuk tahapan dalam Pilkades. "Bisa saja tidak Simpapdes kalau calonnya tidak lebih dari lima orang," tukasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: