Masyarakat Diimbau Waspada Banjir

Selasa 04-10-2022,18:19 WIB
Reporter : Alam
Editor : Eco

MURATARA, PALPOS.ID-Dalam satu pekan terakhir hujan terus menguyuri wilayah Kabupaten Muratara dan menyikapi hal itu, Kepala Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat H Zainal Arifin Daud mengimbau kepada masyarakat di daerah itu untuk waspada banjir.

 

"Kalau hujan terus seperti ini tidak menutup kemungkinan akan terjadi bencana banjir. Jadi bagi yang memiliki anak kecil agar benar-benar dijaga dan jangan sampai nantinya menjadi korban," ujarnya, Selasa (4/10).

 

Ia menjelaskan satu hari yang lalu debit air Sungai Rupit dan Sungai Rawas meningkat, sedangkan hasil pantauan hari ini debit air sudah mulai surut. Namun jika diguyur hujan terus menerus bisa saja terjadi banjir bandang.

 

"Kalau hari ini air Sungai Rawas sudah mulai surut, namun belum tahun kedepannya kalau diguyur hujan bisa saja banjir bandang," jelasnya.

 

Ia menambakan ada lima kecamatan yang rawan banjir yaitu Kecamatan Karang Jaya, Rupit, Rawas Ulu, Karang Dapo dan Rawas Ilir. Namun diantara kelima kecamatan tersebut yang paling lama banjirnya itu Rawas Ilir karena letak wilayahnya di hilir sungai. "Kalau untuk empat kecamatan cepat surut, sedangkan Rawas Ilir paling lama merasakan bencana banjir," bebernya.

 

Lebih lanjut ia menjelaskan, pihaknya setiap waktu selalu siaga dan apabila diperlukan dengan sigap turun ke lokasi banjir. "Kita kan ada tim siaga bencana, jika ada bencana langsung turun," pungkasnya. (*)

Kategori :