Natal dan Tahun Baru, Traffic Layanan Telkomsel Melonjak 17,6 Persen

Selasa 20-12-2022,17:13 WIB
Reporter : Erika
Editor : Erika

JAKARTA, PALPOS.ID – Telkomsel memastikan kesiapan dukungan infrastruktur konektivitas dan layanan digital, dalam menyambut momen Hari Raya Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (NARU).

Kali ini Telkomsel Siaga mengusung tema 'Satukan Semangat, Bangkit Lebih Kuat'.

Telkomsel berharap dapat menyatukan semangat masyarakat dalam menyongsong masa depan dengan penuh harapan untuk dapat bangkit lebih kuat, pasca masa pendemi COVID-19 yang penuh tantangan. 

BACA JUGA:Kementerian PUPR Terima Seleksi PPPK Teknis 2022, Ini Formasi yang Dibutuhkan

Direktur Network Telkomsel Nugroho mengatakan, dengan program Telkomsel Siaga, pihaknya akan terus berupaya menunjang kenyamanan aktivitas telekomunikasi dan digital.

Selama momen perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, Telkomsel memproyeksikan adanya lonjakan trafik layanan data (payload) sebesar 17,6 persen dibandingkan dengan rerata hari biasa.

Dengan total payload diperkirakan mencapai 52,5 petabyte atau tumbuh 19,1 persen apabila dibandingkan dengan periode NARU tahun sebelumnya. 

BACA JUGA:9 Tempat Mie Celor di Palembang yang Recommended. Nomor 3 Pernah Dikunjungi Presiden RI.

Proyeksi pertumbuhan layanan data tersebut diperkirakan akan didorong oleh lonjakan pada sejumlah pemanfaatan akses layanan berbasis digital, mulai dari layanan media sosial yang diprediksi tumbuh sekira 31,7 persen.

Kemudian layanan komunikasi (instant messaging dan video conference) melonjak 27,8 persen, layanan streaming video meningkat sekira 29,4 persen.

Layanan mobile gaming juga bakal melonjak hingga 18,6 persen, akses browsing naik 24,1 persen, dan akses layanan e-commerce tumbuh sekira 35 persen.

 “Telkomsel memperkirakan trafik pada layanan SMS akan meningkat sebesar 7,9 persen, dan layanan panggilan suara akan turun 3 persen,” ujarnya.

BACA JUGA:Sejarah : Tahun Baru 1947, Kota Palembang Perang 5 Hari 5 Malam

Untuk mengantisipasi lonjakan trafik telekomunikasi tersebut, Telkomsel telah melakukan sejumlah optimalisasi kapasitas dan kualitas jaringan pada 493 titik wilayah prioritas di seluruh Indonesia, yang berpotensi mengalami pertumbuhan trafik telekomunikasi secara signifikan. 

Fokus wilayah prioritas tersebut mencakup 363 area spesial (seperti alun-alun dan pusat perbelanjaan), 59 titik pemberangkatan transportasi umum, 21 titik jalur utama mudik, 47 area residensial, 1 rumah sakit pusat penanganan COVID-19, dan 2 tempat ibadah.

Kategori :