Sinyal Provider Lemah Hingga Blank Spot, 136 Desa Banyuasin Diminta Lengkapi Data Pendukung

Jumat 26-05-2023,19:11 WIB
Reporter : Soni Banboy
Editor : Diansyah

BANYUASIN, PALPOS.ID- Sebanyak 136 Desa tersebar di 21 Kecamatan Banyuasin. Dengan kondisi jaringan selular lemah, hingga tidak memiliki sinyal ponsel dan internet sama sekali (Blank Spot). Kepala Desa diminta lengkapi data pendukung, Jumat 26 Mei 2023.

Data pendukung yang nantinya disampaikan oleh Pemerintah Desa tersebut, nantinya akan digunakan sebagai usulan, untuk pembangunan menara telekomunikasi dari Ditjen Postel Kemenkominfo RI.

Hal itu seperti dijelaskan langsung Suratman Kabid Persandian Kominfo Banyuasin mengatakan, Kemarin kita telah mengelar rapat bersama Kades dan Camat, yang diwilayahnya masih mengalami kesulitan sinyal.

BACA JUGA:Kantor Camat Disambar Petir, Pelayanan Publik Terganggu

Dalam rapat itu dilakukan pembahasan untuk Desa segera melengkapi data pendukung usulan, sesuai arahan dari Ditjen Postel Kemenkominfo RI. Karena sebelumnya hal ini pernah pihaknya sampaikan ke Kemenkominfo RI.

Namun karena datanya masih ada yang kurang, oleh karena itu, seganja pihaknya langsung mengundang para 136 Kepala Desa dan Camat yang belum ada manara telekomunikasi di Kabupaten Banyuasin,

untuk melengkapi data pendukung tersebut, sesuai yang diminta oleh Kemenkominfo RI, sambungnya.

BACA JUGA:Pilkades Serentak, Ini Pesan Camat Selat Penuguan..

"Jadi data yang disampaikan itu harus akurat seperti titik koordinat tower yang ada di sekitar desa terkait dengan titik koordinat desanya, akses jalan, fasilitas umum yang harus dilengkapi dengan foto-foto seperti kantor desa, puskesmas, sekolah dan sebagainya yang ada di desa tersebut,"ungkapnya.

Kemudian setelah semua data dikumpulkan, silahkan kepala desa lampirkan dalam form yang telah kita berikan.

Semoga saja melalui usulan itu akan dapat diakamodir oleh Kemenkominfo RI, sehingga hubungan komunikasi dapat berjalan lancar, sesuai aspirasi dan harapan dari masyarakat, tutupnya.

BACA JUGA:Monitoring dan Evaluasi P3PD, Kemenko PMK Lakukan Kunker ke Kabupaten Banyuasin

Di Kecamatan Sumber Marga Telang itu ada 10 Desa dengan kondisi sinyal blank spot ada sebanyak 3 desa, yakni Desa Terusan Dalam, Desa Terusan Muara dan Desa Muara Telang Marga.

Jadi dari tiga desa itu masyarakat berharap dapat dibagun tower telekomunikasi, ucap Hasanul Hak Camat Sumber Marga Telang.

"Karena memang berkaitan dengan sinyal ponsel atau internet itu, banyak sekali kebutuhan seperti pendidikan, pemerintahan, maupun kesehatan dalam kondisi darurat untuk merujuk pasien.

BACA JUGA: Lindungi Hak Pilih di Pemilu, Bawaslu Ajak Masyarakat Banyuasin Cek Langsung Data Ini

Jadi harapan kami dapat segera terwujud untuk mempermudah masyarakat," harapnya.

Hal yang sama juga disampaikan Sarjoni Kepala Desa Pulau Rajak Kecamatan Betung, mengungkapkan untuk permasalahan sinyal jaringan internet atau seluler, kondisi didesanya sejak dulu memang seperti itu untuk upaya dulu pernah pihaknya usulkan untuk tower mini.

Karena memang di desa kami itu ada sinyal namun sering hilang-hilang, maka kalau mau berkomunikasi keluar harus mencari titik-titik tertentu untuk mendapatkan sinyal.

BACA JUGA:Penyaluran Bansos Diterima Orang Lain, Ini Tanggapan Kepala Dinsos Banyuasin

Harapannya semoga kali ini memang ada solusi pembangunan tower induk untuk mempermudah komunikasi masyarakat, pintanya.*

Kategori :