Truk ini duduk di atas roda ringan 17 inci yang dibungkus dengan ban segala medan, menambah kemampuan off-road Hilux.
Sudut pendekatnya juga mengalami peningkatan, dari 29 menjadi 30 derajat, yang seharusnya membuatnya lebih baik di luar jalur.
Peningkatan lainnya pada bagian kaki-kaki mencakup pemasangan peredam monotube baru yang akan meningkatkan respon truk di medan yang kasar.
Selain itu, Hilux GR Sport II mendapatkan pengereman yang lebih baik berkat rem cakram depan yang diperbesar, sementara tromol belakang model lama telah diganti dengan cakram.
Peningkatan aerodinamis kecil juga telah diterapkan pada truk ini, dengan penambahan tirai udara baru di bagian depan.
Bagian belakang truk dilengkapi dengan sport bar dan bed cover yang lebih ramping, memberikan kesan yang lebih modern dan sporty.
Toyota tidak hanya memberikan perubahan pada tampilan luar Hilux GR Sport II, tetapi juga pada interior.
Untuk membedakannya dari versi Hilux biasa, Toyota memberikan GR Sport II kisi-kisi jala, kaliper rem merah, dan banyak aksen gelap.
Tema merah dan hitam berlanjut ke bagian dalam, di mana logo GR menghiasi sandaran kepala depan dan sabuk pengamannya berwarna merah.
Truk ini dilengkapi dengan sistem infotainment delapan inci yang merupakan standar, lengkap dengan navigasi built-in serta dukungan kabel dan nirkabel untuk Apple CarPlay.
Android Auto juga tersedia, tetapi menggunakan koneksi kabel.
Meskipun Hilux GR Sport II telah mengalami banyak perubahan, tidak ada perubahan di balik kap mesin.
Truk ini masih ditenagai oleh mesin turbodiesel 2.8 liter yang menghasilkan 201 tenaga kuda dan torsi 369 pound-feet (500 Newton-meter).
Tenaga ini disalurkan melalui transmisi otomatis enam percepatan.