Realtime dan Responsif terhadap Kebutuhan Masyarakat
Chiko menambahkan bahwa digitalisasi birokrasi juga memastikan bahwa pelayanan dan informasi selalu terupdate secara realtime.
Birokrasi dapat merespons keluhan, kebutuhan, dan kendala yang dihadapi masyarakat dengan cepat dan tepat. Bahkan, sistem ini dapat mengantisipasi masalah yang mungkin timbul di masa yang akan datang.
BACA JUGA:Diskusi dengan Warga Desa Bukit Jaya, Musi Banyuasin, Ganjar Pranowo Bahas Soal Kesejahteraan Guru
Infrastruktur Digital yang Kuat dan Kebijakan Mendukung
Dalam pelaksanaannya, Chiko Hakim menyatakan bahwa implementasi digitalisasi birokrasi memerlukan perluasan dan penguatan infrastruktur digital, termasuk jaringan internet, perangkat lunak, dan perangkat keras.
Sosialisasi dan pelatihan bagi masyarakat dan sumber daya manusia birokrasi juga menjadi fokus penting dalam mewujudkan transformasi ini.