BISNIS, PALPOS.ID-Hari ini, Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) dan Mastercard menandatangani nota kesepahaman (MoU) yang menandai langkah besar dalam menjaga ekonomi digital Indonesia.
Melalui peresmian Indosat-Mastercard Cybersecurity Center of Excellence (CoE), kemitraan ini bertujuan untuk mengatasi tantangan keamanan siber yang semakin meningkat di seluruh dunia.
Tantangan keamanan siber memang semakin meresahkan, dengan kerugian yang diprediksi akan melonjak menjadi USD 14 triliun pada 2028 dari USD 8 triliun di 2023.
BACA JUGA: Indosat Ooredoo Hutchison: Memastikan Kelancaran Komunikasi & Pemberdayaan Ekonomi Selama Lebaran
BACA JUGA: Inovasi Teknologi AI: Indosat dan Lintasarta Berkomitmen untuk Kesehatan Tubaba, Lampung
Survei global juga menunjukkan bahwa 72 persen serangan siber di Asia disebabkan oleh kurangnya tenaga ahli di bidang tersebut.
Dalam konteks ini, Indosat-Mastercard Cybersecurity Center of Excellence hadir dengan fokus pada tiga pilar utama: edukasi, inovasi, dan kolaborasi industri.
Edukasi menjadi poin penting, dengan upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia di bidang keamanan siber melalui peningkatan akses pendidikan dan pelatihan.
BACA JUGA: Kepuasan Pelanggan Meningkat: Indosat Perluas Jangkauan Layanan dan Kualitas Jaringan
Inovasi juga tidak kalah krusial, dengan penelitian di beberapa area utama keamanan siber dan digital trust yang memanfaatkan teknologi terbaru.
Kolaborasi industri, sementara itu, diharapkan mampu mendeteksi dan memitigasi penipuan secara lebih efektif.
Vikram Sinha, President Director and Chief Executive Officer Indosat Ooredoo Hutchison, menyatakan, merasa terhormat dapat berkontribusi dalam mengatasi tantangan keamanan siber di Asia Pasifik, khususnya Indonesia.
BACA JUGA:Kolaborasi Strategis Telkom dan Indosat: Mewujudkan Visi Pusat Data Terbesar di Asia Tenggara
"Kami yakin bahwa upaya yang kita lakukan hari ini akan memajukan sumber daya manusia keamanan siber Indonesia ke depannya. Dengan inisiatif ini, memperkuat tujuan kami dalam menciptakan satu juta talenta digital di Indonesia,” ujarnya.
Safdar Khan, Division President, Southeast Asia, Mastercard, juga menegaskan komitmennya, Mastercard berkomitmen untuk meningkatkan kepercayaan dalam ekonomi digital.
BACA JUGA:Indosat Bukukan Pendaftaran Rp37,4 Triliun Sepanjang Sembilan Bulan Tahun 2023