Bank Syariah Indonesia (BSI) Bidik Top 3 Bank Syariah Global: Perjalanan dan Tantangan di Balik Mega Merger

Kamis 11-07-2024,18:05 WIB
Reporter : Septi
Editor : Bambang

Dalam diskusi tersebut, Hery menekankan bahwa BSI merupakan wujud nyata dari aspirasi pemerintah untuk meningkatkan perekonomian dan keuangan syariah di Indonesia.

Beliau menegaskan bahwa BSI bertujuan untuk menjadi bank syariah yang modern, universal, dan inklusif, menjangkau lebih banyak lagi segmen masyarakat di Indonesia.

"Indonesia memiliki salah satu populasi Muslim terbesar di dunia, namun sebelum hadirnya BSI, belum ada bank syariah besar yang mampu bersaing. Hal ini merupakan suatu anomali, mengingat potensi besar yang dimiliki untuk mengembangkan ekonomi dan keuangan syariah," jelas Hery.

BACA JUGA: Buka BSI International Expo 2024, Wapres: BSI Dorong Arus Baru Pertumbuhan Ekonomi Nasional

BACA JUGA: BSI Terima Kunjungan Kehormatan Vice Grand Syekh Al-Azhar, Sertifikasi Halal jadi Pembahasan

Menghadapi tantangan selama proses merger dari tiga bank syariah Himbara—BRISyariah, Mandiri Syariah, dan BNI Syariah—Hery mengungkapkan bahwa proses ini berlangsung di tengah pandemi Covid-19.

Namun di bawah kepemimpinannya, integrasi berhasil diselesaikan dalam jangka waktu 11 bulan sesuai jadwal yang direncanakan.

Hery mengakui bahwa ketika diberi amanah untuk memimpin proyek merger ini, beliau menyadari bahwa mengemban tugas besar seperti ini dengan visi dan misi yang besar bukanlah hal yang mudah.

BACA JUGA:Sambut Idul Adha 1445 Hijriah, BSI Salurkan 9.390 Hewan Potong ke Seluruh Indonesia

BACA JUGA:Wujudkan Komitmen Perkuat Ekosistem Halal Indonesia, BSI Gelar International Expo 2024

Beliau menekankan bahwa selama proses merger, BSI harus mengalami transformasi, terutama dalam bidang teknologi dan digital, menjadi bank syariah yang kompetitif dan mampu memenuhi berbagai kebutuhan konsumen dari segmen bisnis apapun.

Menanggapi tantangan integrasi ini, BSI harus memberikan solusi yang tepat agar konsolidasi dapat meningkatkan daya saing bank syariah.

Tim merger juga harus memastikan bahwa seluruh proses berjalan sesuai dengan regulasi dan standar yang berlaku, baik dari segi operasional, keuangan, maupun kepatuhan.

BACA JUGA:Hery Gunardi Dinobatkan sebagai CEO of The Year dan BSI Meraih Predikat Bank Syariah Terbaik

BACA JUGA:Hery Gunardi Dianugerahi CEO of The Year dan BSI Dinobatkan Sebagai Bank Syariah Terbaik

Tidak hanya itu, semua hal ini harus kami selesaikan dalam waktu yang relatif singkat dan dalam kondisi luar biasa, yaitu ketika pandemi Covid-19 sedang melanda.

Kategori :