Elman Optimis Garis Kemiskinan Kota Prabumulih Bisa Turun Hingga Satu Digit pada 2025

Rabu 24-07-2024,18:10 WIB
Reporter : Prabu
Editor : Erika

PRABUMULIH, PALPOS.ID - Baru-baru ini, Badan Pusat Statistik (BPS) merilis data terbaru mengenai garis kemiskinan di Sumatera Selatan, termasuk Kota Prabumulih. Berdasarkan data tersebut, terjadi penurunan signifikan garis kemiskinan di Kota Prabumulih dari 11,23 persen pada tahun 2023 menjadi 10,13 persen pada tahun 2024, turun sebesar 1,1 persen. 

Penurunan ini menunjukkan keberhasilan berbagai upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Prabumulih bersama Forkopimdan dan seluruh elemen Masyarakat dalam menekan angka kemiskinan.

Penjabat Walikota Prabumulih, H Elman ST MM, menegaskan bahwa pencapaian ini tidak terlepas dari berbagai program bantuan sosial dan kebijakan tepat sasaran yang diimplementasikan oleh pemerintah kota. 

Salah satu program unggulan yang akan terus dilanjutkan adalah Operasi Pasar Murah (OPM) dan Gerakan Pangan Murah (GPM). 

"Minimal seminggu sekali (OPM dan GPM) dilakukan," ungkap Elman ketika diwawancarai di ruang kerjanya, Rabu, 24 Juli 2024. 

BACA JUGA:Keluhkan Lampu Penerangan Jalan, Warga Prabumulih: Tiap Bulan Kami Bayar Pajak Penerangan Jalan

BACA JUGA:Target Zero Polio, Dinkes Prabumulih Bakal Sweeping Anak Usia 0-7 Tahun

Dikatakan Elman, program ini tidak hanya membantu menekan angka kemiskinan, tetapi juga dinilai efektif dalam mengendalikan inflasi di Kota Prabumulih, terutama menjelang musim kemarau.

Dijelaskan Elman, OPM dan GPM merupakan langkah konkret pemerintah dalam menyediakan kebutuhan pokok dengan harga yang terjangkau bagi masyarakat, terutama bagi mereka yang berada di bawah garis kemiskinan. 

Program ini dilaksanakan di berbagai titik strategis di Kota Prabumulih, memungkinkan masyarakat untuk mengakses bahan pangan dengan harga lebih murah dibandingkan dengan harga pasar. 

"Apalagi menjelang musim kemarau ini, OPM dan GPM sangat membantu masyarakat," ujar Elman.

BACA JUGA:Warga Prabumulih Keluhkan Jalan Rusak Berlubang, Pj Wako: Masih Dalam Tahap Tender

BACA JUGA:Hadapi Ancaman Karhutla, Pemkot Prabumulih Gelar Apel Kesiapsiagaan

Selain program OPM dan GPM, Pemerintah Kota Prabumulih juga fokus pada penanganan stunting dan pengendalian inflasi sebagai bagian dari strategi pengentasan kemiskinan. 

Elman menyatakan bahwa pihaknya akan menganggarkan dana khusus untuk program-program ini. 

Kategori :