Wujudkan Layanan Prima, Lapas Sekayu Berikan Layanan Kunjungan dan Penitipan Barang

Senin 29-07-2024,15:54 WIB
Reporter : Romi
Editor : Erika

SEKAYU, PALPOS. ID - Lapas Sekayu Kanwil Kemenkumham Sumsel selalu berusaha mewujudkan pelayanan prima.

Salah satunya yaitu kegiatan kunjungan keluarga warga binaan, yang merupakan salah satu komitmen Lapas Sekayu, dalam memberikan hak bagi tahanan/narapidana, untuk dapat menerima kunjungan dari keluarga, sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2022 tentang Pemasyarakatan.

Adapun alur kegiatan kunjungan yaitu keluarga dari warga binaan melakukan pendaftaran secara bergantian. Kedatangan mereka biasanya membawa barang-barang kebutuhan sehari-hari, seperti makanan, pakaian, dan kebutuhan lainnya.

Selain itu, keluarga warga binaan juga bisa hanya menitipkan barang dan makanan.

BACA JUGA:Hari Berkabung Nasional, Lapas Sekayu Kibarkan Bendera Setengah Tiang

BACA JUGA:Lestarikan Budaya,Ini yang dilakukan Lapas Sekayu Warga Binaan Perempuan

Layanan kunjungan tatap muka dilaksanakan dengan prosedur pengawasan yang ketat. Sebelum pengunjung bertemu dengan warga binaan, petugas akan melakukan penggeledahan terlebih dahulu, terhadap badan, dan barang bawaan.

Setelah itu, setiap barang bawaan akan melewati mesin X-Ray, untuk memastikan barang-barang bawaan tersebut steril atau tidak terdapat barang-barang terlarang masuk ke dalam Lapas seperti handphone, narkoba, gunting, pisau, serta benda-benda yang dianggap dapat mengganggu keamanan dan ketertiban.

Pengunjung yang membawa alat komunikasi seperti handphone, harus menitipkannya terlebih dahulu di loker penitipan yang telah disediakan oleh petugas, kemudian kunci loker tersebut dipegang oleh pengunjung yang bersangkutan.

ini untuk memberikan jaminan keamanan dan kenyamanan kepada pengunjung yang menitipkan handphone tersebut.

BACA JUGA:Sebanyak 50 Orang WBP Lapas Sekayu Jalani Skrining Kesehatan Penyakit TB dan HIV

BACA JUGA:Balai Labkesmas Palembang Periksa Kualitas Udara di Lapas Sekayu

Kemudian pengunjung diarahkan oleh petugas ke ruangan layanan kunjungan, sembari memberitahukan tentang aturan dan tata tertib yang harus di ikuti oleh setiap pengunjung antara lain, lamanya waktu berkunjung, menjaga kebersihan, dan menjaga sopan santun selama berkunjung.

Kalapas Sekayu, Yosef Leonard Sihombing mengatakan, petugas Lapas Sekayu selalu bersikap waspada terhadap segala kemungkinan, dan tetap menunjukkan sikap yang baik dan ramah dalam memberikan informasi-informasi yang dibutuhkan oleh warga binaan dan keluarganya.

“Semua itu dilakukan dalam rangka untuk meningkatkan kepercayaan dari masyarakat sehingga dapat mewujudkan pemerintahan yang baik dan bersih,” kata Yosef.

Kalapas Sekayu juga menjelaskan, jadwal kegiatan layanan kunjungan dan penitipan barang dibuka setiap hari kecuali hari minggu dan hari libur.

Adapun layanan hari Senin-Kamis dibuka mulai pukul 09:00-11:30 dan dilanjutkan pukul 13:00-15:30. Kemudian, hari Jumat dan Sabtu hanya dibuka mulai pukul 09:00-11:30.**

Kategori :