Pemkot Prabumulih Sukses Menjaga Stabilitas Pangan: Indeks Harga Terendah Kedua di Sumsel

Kamis 01-08-2024,06:59 WIB
Reporter : Prabu
Editor : Erika

PRABUMULIH, PALPOS.ID - Langkah pemerintah Kota Prabumulih dalam menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan melalui Gerakan Pangan Murah dan Operasi pasar Murah dinilai cukup berhasil. Hal ini terlihat dari indeks perkembangan harga di Bumi Seinggok Sepemunyian yang menjadi terendah kedua di Provinsi Sumatera Selatan selama tiga pekan terakhir. 

“Sejak tiga minggu terakhir, Indeks perkembangan harga kita sudah di angka -3,69, setelah Kabupaten Empat Lawang -3,17,” ungkap Kepala Dinas Ketahanan Pangan Prabumulih, Sumarty SP, saat diwawancarai di sela-sela kegiatan Gerakan Pangan Murah di Lapangan Sepak Bola Muara Tiga, Jalan Arjuna, Kelurahan Anak Petai, Kecamatan Prabumulih Utara, Rabu, 31 Juli 2024.

Sumarty menjelaskan bahwa keberhasilan pemerintah dalam menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan tidak terlepas dari peran serta seluruh stakeholder yang ada. 

“Kami menggandeng seluruh stakeholder mulai dari perbankan, BUMN, dan BUMD yang ada di Kota Prabumulih. 

BACA JUGA:Inspeksi Mendadak, Dewas RSUD Prabumulih: Dahulukan Pelayanan dari Administrasi

BACA JUGA:Sempat Alot dan Memanas, Wedi Saputra Terpilih Aklamasi Sebagai Ketua KONI Prabumulih

Jadi, seluruh kita gandeng baik itu bank, CSR Pertamina dan Perta Samtan Gas, Pegadaian, dan lainnya hingga kegiatan ini terselenggara,” ujarnya.

Dalam setiap kegiatan Gerakan Pangan Murah, berbagai bahan pangan dijual dengan harga yang telah disubsidi alias murah, termasuk beras, gula pasir, minyak goreng, cabai, bawang merah, bawang putih, telur, dan ikan lele. 

“Harganya telah kita subsidi sehingga lebih murah dari harga pasar,” imbuhnya. 

Sumarty berharap melalui kegiatan tersebut, harga pangan di Kota Prabumulih dapat terjangkau oleh Masyarakat berpenghasilan rendah. 

BACA JUGA:Membangun Semangat Pemuda, KNPI Prabumulih Gelar Seminar Kepemudaan

BACA JUGA:Empat Tim Kejari Muba Geledah Rumdin dan Kantor Plt Kadis DPMD Muba: Sita Rp130 Juta Dalam Kotak Sepatu

“Harapan kita harga pangan di Kota Prabumulih dapat terjangkau oleh masyarakat,” tuturnya.

Sementara, Penjabat (Pj) Walikota Prabumulih, H Elman ST MM, dalam sambutannya mengimbau ibu-ibu rumah tangga (IRT) agar memanfaatkan pekarangan rumah dengan menanam sayuran, terutama cabai, daripada sibuk bermain gawai atau handphone (HP). 

“Ayo kita nanam cabe di belakang rumah tu daripada main HP berjam-jam, cakai (cari kegiatan) yang bermanfaat,” ungkap Elman dengan penuh semangat.

Kategori :