Palembang Raih Penghargaan UHC Awards, Bukti Komitmen Jaminan Kesehatan

Jumat 09-08-2024,21:53 WIB
Reporter : Erika
Editor : Romi

JAKARTA, PALPOS.ID – Kota ini sukses meraih predikat Universal Health Coverage (UHC) Awards, sebuah penghargaan bergengsi yang menegaskan komitmen Pemkot Palembang dalam memberikan pelayanan kesehatan yang optimal.

Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, K.H. Ma’ruf Amin, dalam sebuah acara megah yang berlangsung di The Krakatau Grand Ballroom, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur, pada Kamis (08/08/2024). 

Pj Walikota Palembang, Ucok Abdulrauf Damenta, melalui Kepala Dinas Kesehatan Kota Palembang, dr. Fenty Aprina, M.Kes, mengungkapkan rasa syukur atas pencapaian ini.

Menurut dr. Fenty, penghargaan ini adalah pengakuan atas dedikasi Pemkot Palembang dalam mencapai target UHC dengan cakupan lebih dari 98 persen dan tingkat kepesertaan di atas 90 persen.

BACA JUGA:XL Axiata Gelar

BACA JUGA:Teddy Meilwansyah Terima Penghargaan UHC Award Dari Wapres RI

"Alhamdulillah, berkat komitmen kuat Pemerintah Kota Palembang dalam meningkatkan jumlah dan persentase peserta aktif, kami berhasil mendapatkan penghargaan untuk kriteria utama," ujar dr. Fenty dengan bangga.

Lebih lanjut, dr. Fenty berharap prestasi ini bisa memotivasi Pemkot Palembang untuk terus meningkatkan jumlah peserta jaminan kesehatan, sehingga seluruh warga Palembang dapat menikmati pelayanan kesehatan yang layak.

"Dengan semakin banyaknya warga yang mendapatkan jaminan kesehatan, kami berharap ada peningkatan signifikan dalam kualitas pelayanan kesehatan di Palembang," tambahnya.

Selain Kota Palembang, Wakil Presiden Ma'ruf Amin juga memberikan penghargaan kepada para kepala daerah dari 33 provinsi dan 460 kabupaten/kota di seluruh Indonesia. Wapres turut mengapresiasi pencapaian UHC di Indonesia yang telah mencapai lebih dari 98 persen dari total penduduk, atau sekitar 275 juta jiwa, yang terdaftar dalam Program JKN-KIS.

BACA JUGA:Cover 97% Warga Lewat JKN-Kes, Pj Bupati OKI Dianugerahi UHC Award

BACA JUGA:Pejuang Kebersihan Kota: Pj Wali Kota Palembang Beri Pujian kepada PHL PUPR

Namun demikian, Wapres mengingatkan agar evaluasi terhadap program ini terus dilakukan, terutama untuk mengatasi permasalahan tunggakan peserta JKN-KIS dari kalangan mampu dan pembayaran iuran BPJS Kesehatan yang macet.

Ia berharap, hambatan ini tidak akan mengganggu upaya BPJS Kesehatan dalam memastikan ketersediaan fasilitas kesehatan berkualitas serta kemudahan akses bagi seluruh masyarakat Indonesia, khususnya di daerah terpencil, perbatasan, dan kepulauan.

Penghargaan UHC Awards ini menjadi bukti nyata bahwa Palembang berada di garis terdepan dalam memberikan jaminan kesehatan yang merata dan berkualitas bagi warganya.

Kategori :