Sekolah di OKU Diminta Beradaptasi Terhadap Perkembangan Teknologi

Kamis 22-08-2024,17:32 WIB
Reporter : Eco
Editor : Diansyah

BATURAJA, PALPOS.ID - Dalam rangka meningkatkan kompetensi pengelolaan teknologi informasi di kalangan sekolah menengah pertama, Dinas Pendidikan Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) menggelar Workshop Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dengan fokus pada percepatan pemanfaatan peralatan TIK, khususnya Chromebook. Acara ini diadakan di Gedung Pertemuan Grand Kemuning, Baturaja, pada Kamis 22 Agustus 2024.

Kegiatan ini secara resmi dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan OKU, Drs. H. Topan Indra Fauzi, MM, MPd, yang menegaskan pentingnya adaptasi terhadap perkembangan teknologi di bidang pendidikan.

“Kemajuan teknologi tidak bisa dihindari. Kita harus bersanding dengan teknologi, bukan hanya untuk sekedar mengikuti tren, tetapi untuk memberikan pengalaman belajar yang lebih bermakna bagi para siswa,” tutur Topan dihadapan peserta workshop.

Turut hadir dalam acara tersebut Kepala Bidang Pembinaan SMP, Agus Stiawan SE MM, yang juga bertindak sebagai Ketua Panitia. Agus menjelaskan bahwa workshop ini merupakan langkah strategis untuk mempercepat implementasi teknologi di sekolah-sekolah.

BACA JUGA:Tahun Depan Kampus Unsri Akan Bangun FT Tower 8 Lantai, Ini Dia Lokasinya!

BACA JUGA:Disdik OKU Gelar Bimtek Penyusunan Laporan BOP PAUD 2024

“Kami berharap setelah workshop ini, sekolah-sekolah dapat mengoptimalkan penggunaan Chromebook sesuai standar yang ditetapkan oleh pemerintah, sehingga pembelajaran menjadi lebih efektif dan efisien,” ungkapnya.

Sebanyak 38 sekolah negeri dan swasta yang telah menerima bantuan perangkat TIK diharapkan mampu mengaplikasikan pengetahuan yang diperoleh selama workshop ini. 

Agus juga menekankan pentingnya manajemen berbasis data dalam mendukung perencanaan pendidikan yang lebih baik. “Dengan adanya manajemen berbasis data, kita dapat memprioritaskan kegiatan yang benar-benar mendukung peningkatan mutu pendidikan,” imbuhnya.

Workshop ini menjadi salah satu langkah konkret Dinas Pendidikan OKU dalam mendorong sekolah-sekolah untuk lebih cakap dalam memanfaatkan teknologi, sehingga dapat terus bersaing dan memberikan pendidikan berkualitas di era digital ini.

Kategori :