Proyek Tol Bayung Lencir-Tempino: Transformasi Konektivitas Sumatera dengan Pembangunan yang Berkelanjutan

Selasa 27-08-2024,06:19 WIB
Reporter : Bambang
Editor : Yen_har

PALPOS.ID - Proyek Tol Bayung Lencir-Tempino: Transformasi Konektivitas Sumatera dengan Pembangunan yang Berkelanjutan.

Proyek Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) terus menunjukkan kemajuan pesat, khususnya pada ruas Bayung Lencir-Tempino Seksi 3. 

Dengan panjang mencapai 15,47 km, proyek ini telah mencapai progres signifikan, yakni 97,56 persen hingga 23 Agustus 2024.

PT Hutama Karya (Persero), sebagai pengembang utama, berkomitmen untuk menyelesaikan pembangunan tol ini sesuai target, yaitu pada akhir Agustus 2024. 

BACA JUGA:Kementerian PUPR Siap Bangun 2.300 Kilometer Jalan Tol Baru Senilai Rp460 Triliun

BACA JUGA:Kebut Penlok Jalan Tol, Sekda Apriyadi Minta Kementerian PUPR Lampirkan Justek

Proyek ini merupakan bagian penting dari ambisi besar Indonesia untuk meningkatkan konektivitas di Pulau Sumatera, mempermudah mobilitas, dan mendorong pertumbuhan ekonomi regional.

Tahap Akhir Pembangunan: Mendekati Selesai dengan Fokus pada Kualitas

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Adjib Al Hakim, menyatakan bahwa konstruksi pada ruas tol ini telah memasuki tahap akhir. 

Berbagai pekerjaan struktural telah rampung, termasuk pembangunan overpass, jembatan, interchange, serta struktur slab on pile sepanjang 4,06 km. 

Selain itu, tim juga telah menyelesaikan timbunan dan galian, perkerasan kaku (rigid main road) sepanjang 11,4 km, serta pengaspalan jalan sepanjang 4,79 km yang mencakup ramp dan simpang sebidang.

BACA JUGA:Bertemu Pj Gubernur, Pj Bupati Apriyadi Laporkan Progress Pembangunan Jalan Tol di Muba

BACA JUGA:Pj Bupati Apriyadi Beri Warning ke Pihak Terkait, Minta Kebut Realisasi Pembangunan Jalan Tol di Muba

“Saat ini, tim di lapangan tengah fokus pada penyelesaian sisa pekerjaan, seperti rigid main road sepanjang 57 m, pembangunan gerbang tol, serta simpang sebidang. Koordinasi intensif terus dilakukan dengan seluruh pihak terkait untuk memastikan setiap tahapan pekerjaan berjalan sesuai jadwal dan memenuhi standar kualitas yang telah ditetapkan,” ujar Adjib melalui pernyataan tertulis yang dirilis pada Senin, 26 Agustus 2024.

Tantangan dan Solusi Inovatif: Menjawab Permasalahan Teknis di Lapangan

Kategori :