Tingkatkan Kualitas Perencanaan dan Anggaran, Inspektorat OKI Gelar Bimtek E-Reviu

Jumat 30-08-2024,21:17 WIB
Reporter : Diansyah
Editor : Romi

KAYUAGUNG,PALPOS.ID - Inspektorat Kabupaten OKI menggelar Bimtek penyusunan Rencana Kerja Anggaran (RKA) berbasis Sistem Pengawasan Internal Daerah (SIPD) melalui aplikasi E-Reviu.

Kegiatan yang berlangsung di Kota Palembang tersebut diikuti 57 peserta dari seluruh APIP Kabupaten OKI, Jumat, 30 Agustus 2024.

Dalam sambutannya, Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan OKI, Alexsander Bastomi mengatakan, kegiatan itu sangat penting untuk meningkatkan kualitas perencanaan dan pengelolaan anggaran di Lingkungan Pemkab OKI. 

"Semoga dengan penerapan SPID dan penggunaan aplikasi E-Reviu bisa menjadi langkah strategis untuk memastikan anggaran yang disusun lebih transparan, akuntabel, dan tepat sasaran," ungkapnya.

BACA JUGA:Polres OKI Gelar Simulasi Sipamkota, Pastikan Keamanan Pilkada 2024

BACA JUGA:Deklarasi Pasangan JADI : Ribuan Massa Padati Taman Segitiga Emas Kayuagung

Ia menambahkan, pentingnya sinergi dan kolaborasi antara semua pihak di lingkungan pemerintahan untuk menerapkan hasil dari Bimtek ini dalam melaksanakan tugas sehari-hari. 

"Dengan mengikuti Bimtek ini, saya berharap seluruh peserta dapat menguasai teknik-teknik yang diajarkan dan menerapkannya secara efektif dalam penyusunan RKA," ujarnya.

Dikatakannya lagi, dengan Aplikasi E-Reviu itu, semoga dapat mempermudah proses review dan evaluasi anggaran secara elektronik, sehingga mempercepat proses penyusunan dan pengawasan anggaran di Kabupaten OKI.

Sementara, Inspektur Kabupaten OKI, H Syaparudin berharap, bimtek itu dapat meningkatkan kualitas penyusunan dokumen perencanaan penganggaran yang berbasis elektronik dengan menjamin konsistensi.

BACA JUGA:Tabrakan Fortuner Vs Fuso di Tol Kayuagung - Palembang

BACA JUGA:Bapangan RI Ingatkan Pemenuhan Gizi Secara Komprehensif Berkaitan dengan Kualitas SDM Unggul

"Keterpaduan antara perencanaan dan penganggaran agar menghasilkan APBD yang berkualitas, efektif dan efisien. Selain itu, untuk peningkatan kemampuan dan pengembangan profesi SDM APIP," tuturnya.

Masih katanya, dengan tujuan mengedepankan pembinaan dan pengawasan kepada perangkat daerah sejak tahap perencanaan sampai dengan pelaksanaan kegiatan selesai.

Dalam kesempatan yang sama, Inspektur I Itjen Kemendagri, Brigjen Pol Rustam Mansur mengemukakan, melalui Via Zoom beliau menekankan pentingnya penerapan SPID dalam pengawasan anggaran daerah.

Kategori :