Bawaslu Panggil dan Periksa Sekda, serta 4 Pejabat OKU

Jumat 06-09-2024,21:31 WIB
Reporter : Eco
Editor : Diansyah

BATURAJA, PALPOS.ID - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), melakukan pemeriksaan dan pemanggilan terhadap Sekda OKU H Dharmawan Irianto dan 4 pejabat lainnya Jumat, 6 September 2024.

Pemeriksaan terkait kehadiran pejabat ASN ini di acara  grasstrack  yang disebut-sebut diselenggarakan salah satu bacalon Bupati-Wabup OKU 2024 belum lama ini. 

Pantauan dilapangan, Kepala Kantor Ketahanan Pangan OKU, Slamet Riyadi tiba lebih dulu di kantor Bawaslu OKU sekitar pukul 08.00 WIB. Slamet langsung menjalani pemeriksaan dan sempat disumpah sebelum diperiksa Komisioner Bawaslu OKU. 

Tak lama berselang, Inspektur Kabupaten OKU A Karim menyusul tiba di lokasi, disusul Kepala Dinas Pariwisata Alfarizi dan Camat Lubuk Batang Emharis.  Diketahui para pejabat daerah ini satu persatu diperiksa di salah satu ruangan di kantor tersebut. Sementara Sekda OKU, Dharmawan Irianto tiba di Bawaslu OKU sekitar pukul 14.40 WIB.

Kepala Kantor Ketahanan Pangan OKU, Slamet Riyadi saat ditanya wartawan usai pemeriksaan mengaku kehadiran dirinya guna memenuhi undangan klarifikasi dari Bawaslu OKU. "Jadi klarifikasi masalah kehadiran saya pada acara 17 san Agustus di Desa Lubuk Batang Lama, " kata Slamet. 

BACA JUGA:Polres OKU Siagakan Personel di Kantor Bawaslu Jelang Pilkada 2024

BACA JUGA:Polres OKU Cek Kondisi Keamanan Kantor Bawaslu Jelang Pemilu 2024

Saat ditanya kapasitas ia pada acara tersebut, Slamet membantah menghadiri acara salah satu bacalon kepala daerah. "Tidak pak, saya taunya dapat undangan karena kebetulan istri saya lama menjadi camat disana dan saya kenal dengan kadesnya saya diundang dan saya hadir, " kata Slamet. 

Sementara Ketua Bawaslu OKU, Yudi Risandi mengaku, pihaknya saat ini masih mendalami kasus yang melibatkan Sekda OKU dan empat pejabat OKU lainnya tersebut.

"Kita masih mendalami apakah masuk kategori pelanggaran netralitas ASN setelah peristiwa itu, hari ini kita belum bisa menyimpulkan karena besok masih ada satu lembaga lagi yang akan memberikan klarfikasi,” tegasnya.

Seperti berita yang yang ramai beredar beberapa hari lalu, Sekda OKU OKU dan beberapa pejabat dan Camat Lubuk Batang Emharis SH, Kepala Kantor Ketahanan Pangan  Drs Slamet Riyadi MSi,  Kepala Dinas Pariwisata Alfarizi SE  AK MPd, Inspektur Kabupaten OKU A Krim ST menghadiri acara grasstrack yang diduga disenggarakan salah satu bacalon bupati OKU tahun2024. 

Bahkan dalam pemberitaan yang sempat viral itu mempertanyakan netralitas Dharmawan selaku sekda yang saat menempati karier puncak ASN.  Saat ini proses pemanggilan dan pemeriksaan masih dilakukan oleh Bawaslu OKU. 

Kategori :