Toyota Blizzard LD10 dan LD20: Legenda 4x4 yang Tak Terlupakan Bagi Pecinta Off-Road

Senin 09-09-2024,17:53 WIB
Reporter : Koer
Editor : Erika

Mengacu pada Daihatsu Taft Hunter pada tahun 1981 diluncurkan  juga varian LD10 yang menggunakan atap FRP (fibre reinforced plastic) dilengkapi dengan tilt-up sunroof .  tahun ‘82, LD10 atap FRP – yang dianggap sebagai model teratas diupdate dengan  transmisi manual 5-percepatan.

BACA JUGA:Kisah Legendaris Jeep Willys di Kota Palembang Dari Kendaraan Militer Hingga Oplet yang Jadi Simbol Budaya

BACA JUGA:Suzuki XL7 Hybrid Dapat Jadi Pilihan Tepat Mobil Keluarga dengan Konsumsi Bahan Bakar 19,2 km/liter

LD20 Blizzard didasarkan pada Daihatsu Rugger dan dilengkapi dengan mesin diesel 2,4 liter (2446 cc) 2L yang menghasilkan 83 PS, dan sejak tahun 1985 dilengkapi dengan turbodiesel 2L-T 96 PS .

Blizzard memiliki penggerak empat roda paruh waktu dengan transmisi manual 5 kecepatan dengan kotak transfer 2 kecepatan. 

LD20 mengalami sedikit perombakan pada tahun 1987 dan dapat dikenali dari perubahan lampu depan bundar menjadi persegi panjang dan bemper yang lebih besar.

Toyota Blizzard (LD20) generasi kedua keluar pada tahun 1984 dengan pilihan tipe soft-top dan hard-top.

BACA JUGA:Suzuki Jimny Versi Diesel: Kendaraan Ikonik yang Menaklukkan Medan Eropa

BACA JUGA:Mengenal Varian Langka Suzuki Jimny di Indonesia: Dari Samurai hingga Sierra

Model ini tampil dengan desain bodi yang lebih stylish yang berasal dari Daihatsu Rugger (F70). Berbeda dengan pendahulunya, tidak tersedia Toyota Blizzard LD20 dengan versi atap FRP.

LD20 menggunakan mesin Diesel Toyota 2-L berkapasitas 2.4-liter yang menghasilkan tenaga 82 hp.

Mulai tahun ’85 mesin 2-LT turbo diesel yang lebih bertenaga (96 hp) juga dipasang pada Toyota Blizzard LD20. Semua versi LD20 menggunakan transmisi manual 5-percepatan dengan 2-speed transfer case.

Sejumlah penyempurnaan juga dilakukan pada tahun tersebut, diantaranya adalah panel interior dirancang dengan desain yang lebih layak sebagai kendaraan penumpang dan jok penumpang yang telah dilengkapi dengan headrest.

BACA JUGA:Fortuner 2024 Meluncur di Indonesia: Varian GR Sport Siap Taklukkan Berbagai Medan

BACA JUGA:Bentley Flying Spur Hybrid: Revolusi Grand Tourer dengan Mesin 782 PS

Pada bagian suspensi, LD20 kini telah menggunakan per daun yang lebih lembut agar terasa lebih nyaman dikendarai dengan 3-stage adjustable shockbreaker, juga dilengkapi freewheel hubs dan steering damper sebagai kelengkapan standar.

Kategori :