Bawaslu Sumsel Pantau Kesiapan Logistik Pilkada di OKU

Minggu 29-09-2024,21:17 WIB
Reporter : Eco
Editor : Diansyah

BATURAJA, PALPOS.ID - Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) terus memperkuat pengawasan logistik di berbagai daerah, salah satunya di Kabupaten OKU.

Ketua Bawaslu OKU, Yudi Risandi, bersama Komisioner Bawaslu Sumatera Selatan (Sumsel), Ardianto, Minggu 29 September 2024 melakukan inspeksi langsung di gudang penyimpanan logistik Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU).

Kunjungan tersebut bertujuan memastikan kesiapan logistik jelang hari pemungutan suara.

Dalam pernyataannya, Yudi Risandi menegaskan pentingnya pengawasan ini untuk menjamin logistik Pilkada tetap tersimpan dengan aman dan sesuai prosedur.

‎“Pengawasan ini merupakan langkah strategis untuk memastikan pengadaan logistik berjalan lancar dan siap didistribusikan ke tempat pemungutan suara (TPS),” ujar Yudi.

Senada dengan Yudi, Ardianto menambahkan bahwa Bawaslu Sumsel memfokuskan pengawasan pada aspek-aspek penting, seperti ketepatan jumlah, kualitas, dan spesifikasi logistik.

‎”Kami ingin memastikan seluruh jenis logistik yang disediakan KPU sudah sesuai standar dan siap digunakan pada hari pemilihan,” katanya.

BACA JUGA:KPU OKU Terima 3.416 Logistik Kotak dan Bilik Suara

BACA JUGA:Teddy-Marjito Dianggap Pasangan Ideal Untuk Pimpin OKU

Dirinya juga menggarisbawahi potensi ancaman bencana alam yang bisa mengganggu distribusi logistik, terutama banjir yang mungkin terjadi di tengah musim hujan.

‎”Distribusi logistik harus terjamin aman dari kerusakan akibat cuaca ekstrem,” ujarnya, seraya mengingatkan perlunya antisipasi dalam penyimpanan dan pengiriman logistik agar tidak terhambat oleh kondisi cuaca.

Dalam inspeksi ini, Bawaslu mengingatkan untuk menambah lapisan pengamanan pada logistik pada saat dalam proses saat proses pendistribusian.

Setelah melakukan peninjauan, Ardianto menyatakan kepuasannya terhadap kesiapan KPU OKU dalam memastikan penyimpanan logistik sudah sesuai standar dan aman.

‎“Kami sangat mengapresiasi kerja KPU OKU. Ini menunjukkan kesiapan mereka dalam menyukseskan Pilkada 2024,” imbuhnya.

‎Pengawasan intensif ini akan terus dilakukan hingga distribusi logistik selesai ke seluruh TPS di Kabupaten OKU.

Pihak Bawaslu akan terus mengawal proses ini untuk memastikan Pilkada berjalan sesuai rencana dan bebas dari kendala teknis, terutama terkait logistik.

Dengan semakin dekatnya hari pemungutan suara, Bawaslu menekankan pentingnya pengadaan dan distribusi logistik yang tepat waktu demi lancarnya pelaksanaan Pilkada serentak di seluruh wilayah.

Kategori :