Semen Baturaja Pamerkan UMKM Binaan Lewat Karya Nyata Festival

Selasa 08-10-2024,20:56 WIB
Reporter : Eco
Editor : Diansyah

PALEMBANG, PALPOS.ID - PT Semen Baturaja Tbk (SMBR) selaku anak usaha PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG), terus memperkuat komitmennya dalam mendukung pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Hal ini diwujudkan dengan partisipasi aktif dalam Karya Nyata Festival yang berlangsung pada 5-6 Oktober 2024 di Halaman DPRD Provinsi Sumatera Selatan, Kota Palembang. Festival yang sudah memasuki volume ke-11 ini merupakan inisiatif Kementerian BUMN untuk mendorong UMKM sebagai pilar utama penggerak ekonomi nasional.

Melalui Rumah BUMN Baturaja, SMBR mengajak 10 produk unggulan UMKM binaannya untuk tampil dalam festival ini. Beberapa di antaranya adalah Kurcok, Sakinah Cookies dan Kerupuk, D’crispy Pisang dan Pare, Keripik Macho, Ngopi Kuday, Kentang Mustofa, Madu DIHI dan Kemplang Tunu Fitriah. Partisipasi ini memberikan kesempatan bagi UMKM binaan untuk memperkenalkan produk mereka kepada masyarakat luas, sekaligus memperluas jaringan bisnis dan potensi pemasaran. 

Tak hanya mendukung UMKM binaan melalui pameran produk, SMBR juga menjadi salah satu narasumber dalam sesi talkshow bertema “Membangun Bisnis yang Sukses Berkolaborasi dengan Rumah BUMN” yang diwakili oleh Senior Manager of Corporate Social Responsibility (CSR) SMBR, Gili Aprial Braja.

Gili menggarisbawahi pentingnya sinergi antara BUMN dan UMKM dalam menciptakan pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan. Ia juga berbagi kisah sukses Rumah BUMN Baturaja sebagai mitra strategis bagi pelaku UMKM di Sumatera Selatan.

BACA JUGA:SMBR Gelar Pelatihan Roasting Kopi dan Gerakan Peduli Lingkungan

BACA JUGA:SMBR Lakukan Penghijauan Melalui Sistem Silvikultur

"Melalui kolaborasi dengan Rumah BUMN, kami memberikan kesempatan kepada UMKM untuk berkembang dan membangun bisnis yang berkelanjutan sejalan dengan penerapan ESG (Environmental, Social, and Governance). Partisipasi di acara seperti Karya Nyata Festival ini membantu memperluas pasar mereka. Kami berharap kolaborasi ini membawa dampak positif bagi perkembangan UMKM dan ekonomi lokal, serta berkomitmen untuk terus mendukung agar mereka semakin berkembang dan berdaya saing," kata Gili.

Lebih lanjut, Gili mengungkapkan bahwa SMBR saat ini membina lebih dari 260 pelaku UMKM yang berada di bawah naungan Rumah BUMN Baturaja. Mereka dibagi ke dalam beberapa kategori, seperti Go Digital, Go Online, dan UMKM Naik Kelas. "Sebanyak 19 UMKM sudah berhasil naik kelas. Kami aktif memberikan pelatihan dan pendampingan, membantu UMKM dalam meningkatkan kapasitas agar lebih kompetitif di pasar," tutupnya.

Selain itu, Acara juga dihadiri oleh Staff Khusus III Menteri BUMN Arya Mahendra Sinulingga mengungkapkan bahwa selama ini UMKM cukup susah untuk mendapatkan lokasi berjualan yang strategis.

“Untuk itu, dengan adanya Rumah BUMN yang siap memberikan support untuk para UMKM binaan BUMN, diharapkan harap dapat memfasilitasi tempat yang strategis untuk UMKM bisa berjualan. Kalau UMKM maju maka ekonomi maju, dan BUMN bisa terus support UMKM," ungkap Arya.

Acara Karya Nyata Festival ini menjadi momentum penting bagi UMKM untuk meningkatkan visibilitas mereka dan menjalin kemitraan dengan berbagai pihak, termasuk BUMN, dalam memperkuat ekonomi lokal dan nasional secara berkelanjutan.

Kategori :