Kolaborasi Tingkatkan Implementasi RB dan SAKIP, Kemenkumham Sumsel Lakukan Studi Tiru Ke Kemenkumham DIY

Rabu 09-10-2024,11:36 WIB
Reporter : Septi
Editor : Bambang

INFORIAL, PALPOS.ID-Dalam upaya meningkatkan implementasi Reformasi Birokrasi (RB) dan Sistem Akuntabilitas Kinerja Pemerintah (SAKIP), Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Selatan (Kanwil Kemenkumham Sumsel) melaksanakan kunjungan studi tiru ke Kantor Wilayah Kemenkumham D.I.

Yogyakarta dan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Yogyakarta pada Selasa, 8 Oktober 2024. Kunjungan ini bertujuan untuk melakukan benchlearning atau saling belajar dalam konteks peningkatan kinerja dan akuntabilitas di lingkungan kementerian.

Rombongan dari Kanwil Kemenkumham Sumsel dipimpin oleh Kepala Kanwil, Dr. Ilham Djaya, yang didampingi oleh sejumlah pejabat tinggi lainnya, termasuk Kepala Divisi Administrasi, Rahmi Widhiyanti; Kepala Divisi Keimigrasian, Sigit Setyawan; Kepala Divisi Pemasyarakatan, Mulyadi; dan Kepala Divisi Yankumham, Ika Ahyani.

BACA JUGA: Kakanwil Kemenkumham Sumsel Apresiasi ‘Bait Literasi’ Lapas Lahat

BACA JUGA:Kemenkumham Dorong Satpol PP Jadi Pelindung HAM

Kunjungan ini disambut hangat oleh Kepala Kanwil Kemenkumham DIY, Agung Rektono Seto, beserta jajaran Kanwil Kemenkumham DIY.

Dalam sambutannya, Agung Rektono Seto menyampaikan selamat datang kepada jajaran Kanwil Kemenkumham Sumsel.

Ia mengungkapkan rasa terima kasih atas kunjungan tersebut dan merasa terhormat karena Kanwil Kemenkumham DIY dipilih sebagai tempat studi tiru.

"Kami sangat senang dapat berbagi pengalaman dan pengetahuan yang mungkin bermanfaat bagi Kanwil Kemenkumham Sumsel," ujarnya.

BACA JUGA:Tim PORA Kemenkumham Sumsel Sinergi Dengan Pemkot Pagaralam, Perkuat Pengamanan Jelang Pilkada

BACA JUGA:Kakanwil Kemenkumham Sumsel Kukuhkan 73 Desa/Kelurahan Menuju Sadar Hukum di Lahat

Kegiatan studi tiru ini merupakan langkah konkret dalam memperkuat sinergi antara kedua wilayah, dengan tujuan utama meningkatkan efektivitas pelaksanaan RB dan SAKIP.

Dalam kesempatan tersebut, tim dari Kanwil Kemenkumham Sumsel juga melakukan tinjauan terhadap fasilitas layanan di Kanwil Kemenkumham DIY yang mendukung pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).

Kakanwil Kemenkumham Sumsel, Dr. Ilham Djaya, menjelaskan bahwa kunjungan ini sangat penting dalam rangka berbagi praktik baik.

Ia berharap, pengalaman yang didapat dari Kanwil Kemenkumham DIY dapat diterapkan di Kanwil Kemenkumham Sumsel untuk meningkatkan kualitas layanan publik.

Kategori :