Hari Pangan Sedunia: Lima Tips dari Tokopedia untuk Mengurangi Sampah Makanan di Rumah

Rabu 16-10-2024,20:56 WIB
Reporter : Septi
Editor : Bambang

2. Simpan Bahan Makanan dengan Tepat : Penting untuk menyimpan sayur dan buah dalam wadah yang aman agar tetap segar. Menggunakan wadah berbahan food grade yang memiliki lubang udara, seperti produk dari Angola, dapat membantu mencegah pertumbuhan jamur dan bau tidak sedap.

3. Manfaatkan Sisa Makanan : Sisa makanan yang masih layak untuk dikonsumsi bisa diolah kembali menjadi hidangan baru.

BACA JUGA:Program Pelatihan Tokopedia Tingkatkan Produktivitas Petani Kopi Lahat

BACA JUGA:Kredicun: Rekomendasi Belanja Hemat dengan Potongan 500 RIBU di Tokopedia

Misalnya, nasi putih dapat diubah menjadi nasi goreng. Ampas kopi yang biasanya dianggap limbah juga bisa dimanfaatkan untuk menetralisir bau tidak sedap atau sebagai bahan kompos alami. 4. **Gunakan Kemasan Ramah Lingkungan.

4, Saat berbelanja : pilihlah produk dengan kemasan yang dapat didaur ulang atau biodegradable. Rizky menekankan pentingnya menggunakan kantong belanja yang kuat dan ramah lingkungan untuk mengurangi jejak karbon.

5. Dukung Produk Lokal : Membeli produk lokal tidak hanya mendukung pelaku usaha UMKM, tetapi juga membantu mengurangi jejak karbon dari transportasi. Tokopedia memfasilitasi pelaku usaha lokal untuk menjangkau pasar yang lebih luas melalui gudang pintar yang tersebar di berbagai daerah.

BACA JUGA:Tokopedia Mudahkan Pembayaran E-Samsat Online untuk warga Sumatera Selatan, Ini Targetnya...

BACA JUGA:Inisiatif Hyperlocal Tokopedia Dorong Percepatan Digitalisasi UMKM di Sumatera

Tren Belanja Online di Tokopedia dan ShopTokopedia Selama kuartal III 2024, Tokopedia dan ShopTokopedia mencatat peningkatan signifikan dalam kategori produk kebutuhan harian, terutama makanan dan minuman.

Beberapa kategori yang paling laris termasuk groceries, rumah tangga, dan elektronik. Dalam kategori makanan dan minuman, bumbu masakan, minuman, dan makanan ringan menjadi produk yang paling dicari oleh konsumen.

Daerah-daerah seperti Jawa Tengah, Jawa Timur, D.I. Yogyakarta, Lampung, dan Sumatra Selatan mengalami lonjakan transaksi produk groceries hingga lebih dari 1,5 kali lipat dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Di ShopTokopedia, produk makanan seperti kue mochi, soes cokelat, dan keripik juga mengalami peningkatan penjualan yang signifikan.

Kesimpulan Hari Pangan Sedunia tahun ini mengingatkan kita semua akan pentingnya pengelolaan limbah makanan dan kontribusi setiap individu dalam menjaga lingkungan.

BACA JUGA:Menjejak Kemewahan Pusat Perbelanjaan di Malang: 3 Mall Terkenal sebagai Daya Tarik Anak Muda dan Wisatawan

BACA JUGA:Rahasia di Dapur, Jauhkan Bawang dari Kentang dan Buah, Bikin Cepat Busuk, Uang Belanja Bisa Habis

Kategori :