BISNIS, PALPOS.ID – Menjelang momen mudik Lebaran sekaligus Hari Raya Idul Fitri 1446 H, Smartfren memastikan seluruh pelanggan dapat menikmati kualitas jaringan yang optimal serta layanan terbaik sepanjang perjalanan mereka.
Hal ini diwujudkan melalui optimasi jaringan yang telah 100% selesai dilakukan di seluruh wilayah operasional perusahaan.
Selain itu, Smartfren juga berkolaborasi dengan Kementerian Komunikasi dan Digital (Komdigi) untuk menyediakan posko layanan pelanggan di sejumlah titik keramaian mudik.
Langkah ini dilakukan untuk memastikan bahwa pelanggan tetap mendapatkan pengalaman komunikasi yang lancar selama perjalanan menuju kampung halaman.
BACA JUGA:Global Earth Hour 2025, Aryaduta Palembang Turut Serta Secara Simbolis Memadankan Lampu
Agus Rohmat, VP Network Operations Smartfren, menjelaskan bahwa optimasi jaringan ini dilakukan untuk memberikan layanan berkualitas tinggi bagi pelanggan, baik saat perjalanan mudik maupun dalam keseharian mereka.
"Optimasi jaringan ini kami lakukan untuk memastikan pelanggan Smartfren selalu mendapatkan layanan berkualitas terbaik, baik dalam perjalanan mudik maupun di hari-hari biasa.
Dengan meningkatnya kualitas jaringan, pelanggan dapat menikmati layanan internet 100% 4G dari Smartfren untuk mendukung berbagai aktivitas digital, seperti hiburan di perjalanan atau berkomunikasi dengan keluarga serta sahabat," ujar Agus Rohmat.
Fokus Optimalisasi Jaringan
BACA JUGA:Pertamina Sumbagsel Siapkan Layanan Tambahan di Jalur Lintas Mudik
Optimasi jaringan yang dilakukan Smartfren berfokus pada area dengan potensi lonjakan traffic tinggi selama musim mudik, hari raya Idul Fitri, serta arus balik Lebaran.
Wilayah yang menjadi perhatian utama mencakup pusat-pusat keramaian seperti stasiun, bandara, dan terminal, serta jalur dan daerah tujuan mudik yang tersebar di Sumatera, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.
Berdasarkan analisis Smartfren, lonjakan traffic akses internet selama musim mudik diperkirakan meningkat sekitar 10–14% dibandingkan dengan hari biasa.