Lebih Hemat dari Mobil Bensin? Ini Biaya Perawatan Tahunan Polytron G3 dan G3+.

Selasa 14-10-2025,09:31 WIB
Reporter : Koer
Editor : Dahlia

Cek sistem kelistrikan & software Tahunan 300.000

Perawatan sistem pendingin baterai 1 tahun 200.000

Pengecekan rem dan suspensi 1 tahun 150.000 – 250.000

BACA JUGA:Bergaya Klasik dan Mewah! KAWASAKI MEGURO K3 2026 Hadir dengan Sentuhan Retro Modern yang Menggoda

BACA JUGA:Ralliart Bikin EVO IX MR Kian Buas: Mesin 4G63T Jadi Legenda Hidup!

Penggantian coolant (setiap 3 tahun) 3 tahun ± 400.000 Total per tahun (rata-rata)— ± Rp 700.000 – Rp 1.000.000 

Sebagai perbandingan, mobil bensin dengan kapasitas kecil biasanya membutuhkan biaya perawatan tahunan mencapai Rp 3–5 juta, tergantung merek dan kondisi kendaraan.

Dengan demikian, Polytron G3 dan G3+ jelas jauh lebih hemat dalam jangka panjang.

Daya Tahan Baterai dan Biaya Penggantian

BACA JUGA:Mazda EZ-60 Resmi Rilis di China | SUV Listrik Mazda CX-6e Harga Lebih Terjangkau

BACA JUGA:Ertiga Berlogo Toyota? Begini Strategi Baru Dua Raksasa Jepang di Dunia Otomotif

Salah satu pertanyaan besar dari calon pengguna mobil listrik adalah soal baterai—komponen paling mahal di kendaraan listrik.

Polytron menggunakan baterai lithium-ion berkualitas tinggi yang diklaim tahan hingga 8 tahun atau 120.000 km, tergantung pola penggunaan dan perawatan.

Namun, jika pada akhirnya baterai perlu diganti, harga estimasinya berada di kisaran Rp 30–40 juta.

Meskipun terkesan mahal, perlu diingat bahwa penggantian ini hanya diperlukan setelah bertahun-tahun pemakaian, dan biaya tersebut masih jauh lebih rendah dibandingkan akumulasi biaya bahan bakar dan perawatan mobil bensin dalam jangka waktu yang sama.

BACA JUGA:VinFast Limo Green: MPV Listrik 7-Seater Penantang Toyota Innova Zenix

Kategori :