148 Jemaah Haji OKU Dinyatakan Negatif Covid-19

148 Jemaah Haji OKU Dinyatakan Negatif Covid-19

BATURAJA, PALPOS.ID - Setelah menjalani pemeriksaan PCR, akhirnya 148 jemaah haji asal Kabupaten OKU, dinyatakan sehat. Sehingga subuh tadi mulai diberangkatkan ke Asrama Haji Palembang.

Keberangkatan rombongan jemaah haji OKU ini menggunakan lima unit bus. Mereka masuk dalam kloter lima dan akan diberangkatkan ke Jedah, Rabu (29/6) sekitar pukul 15.00 WIB.

Sebelum diberangkatkan ke Jedah, jemaah hani asal OKU ini akan melaksanakan manasik haji terlebih dahulu di Asrama Haji Palembang.

Petugas Haji Daerah, Juraimi Selamet, Selasa (28/6), menjelaskan, mengingat keberangkatan jemaah haji ini merupakan tahun pertama pasca pandemi Covid-19.

Maka masih ada pembatasan yang dilakukan pemerintah salah satunya keluarga yang mengantar jemaah haji tidak boleh terlalu ramai seperti saat normal.

Selain itu lanjut dia, jemaah haji juga wajib menerapkan protokol kesehatan (prokes), apalagi saat ini cuaca di Mekkah sangat panas yakni mencapai 50 derajat.

"Insya Allah jika aturan ini ditaati, maka jemaah haji dapat menunaikan rukun Islam kelima ini dengan nyaman, aman dan khusuk," tegasnya.

Dia mengaku, para jemaah haji terlihat sangat senang bisa berangkat melaksanakan ibadah haji tahun ini.

"Rata-rata jemaah haji kita mengaku tidak memiliki persiapan khusus untuk berangkat ke Mekkah. Kecuali cuma menyiapkan mental, serta beberapa obat-obatan ringan mengingat cuaca dan iklim yang berbeda antara Indonesia dengan Mekkah," katanya.

Sementara Kabag Kesra Setda OKU, Kadarisman mengimbau masyarakat untuk mendoakan jemaah haji OKU agar sampai di Mekkah dengan keadaan selamat.

Serta dapat menjalankan ibadah haji dengan lancar tanpa hambatan. "Serta pulang dengan sehat sekaligus menyandang haji mabrur," tandas dia. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpos.id