Piala AFF U-19 2022: Tragis! Bantai Myanmar 5-1, Indonesia Tersingkir

Piala AFF U-19 2022: Tragis! Bantai Myanmar 5-1, Indonesia Tersingkir

BEKASI, PALPOS.ID - Timnas Indonesia U-19 gagal melaju ke semifinal Piala AFF U-19 2022 meski menang 5-1 atas Myanmar U-19 pada laga terakhir penyisihan Grup A di Stadion Patriot, Bekasi, Minggu (10/7/2022) malam WIB.

Garuda Muda hanya mampu finis ketiga di klasemen akhir Grup A. Timnas Vietnam dan Thailand yang lolos ke semifinal setelah finis pertama dan kedua di klasemen akhir Piala AFF U-19 2022 untuk Grup A.

BACA JUGA:Kalahkan The Daddies, Fajar/Rian Juara Malaysia Masters 2022

Pada laga terakhir, Minggu (10/7), Timnas Indonesia U-19 membantai Myanmar U-19 dengan skor 5-1.

Gol-gol tim besutan Shin Tae Yong dihasilkan lewat brace Muhammad Ferarri, sepakan indah Arkhan Fikri, serta donasi gol Rabbani Tasnim Siddiq dan Ronaldo Kwateh.

Sementara satu-satunya gol Myanmar dicetak lewat sundulan La Min Thwe di awal laga.

BACA JUGA:Malaysia Masters 2022: Chico Ukir Sejarah Baru, Rinov/Pitha Runner-up

Sayangnya pesta gol Indonesia ke gawang Myanmar itu tidak cukup untuk meloloskan Garuda Nusantara ke semifinal.

Sebab dua rivalnya, Vietnam dan Thailand bermain imbang 1-1 di Stadion Madya Senayan Jakarta pada saat yang sama.

Thailand unggul lebih dulu melalui Kroekphon Arbram menit ke-72 lewat sundulannya memanfaatkan kemelut di kotak penalti Vietnam.

BACA JUGA:Dugaan Korupsi Disdik Mura, Kepsek Diancam Tak Bisa Kelola Dana BOS

Empat menit berselang, Vietnam menyamakan kedudukan setelah sang kapten, Khuat Van Khang meneruskan sebuah sepakan keras.

Setelah skor imbang 1-1 -hasil yang dibutuhkan Vietnam dan Thailand untuk lolos ke semifinal sekaligus menyingkirkan Garuda Nusantara- kedua tim bermain santai. Bola lebih banyak bergulir di area pertahanan tim yang menguasai bola.

Nyaris tidak ada pressing ketat dari pemain lawan. Situasi itu terus terjadi hingga laga Vietnam vs Thailand berakhir dengan skor 1-1.

BACA JUGA:Diduga Melawan Petugas, Pelaku Curas Tewas Ditembak

Hasil dua pertandingan di atas membuat Indonesia, Vietnam dan Thailand memiliki angka sama 11 poin di klasemen akhir Grup A Piala AFF U-19 2022.

Sesuai aturan Piala AFF U-19 2022, jika dua atau lebih tim memiliki poin sama di klasemen akhir, akan dibuat klasemen mini untuk menentukan peringkat akhir.

Cara penentuan peringkat, pertama mengacu pada head to head. Lalu selisih gol, terakhir jumlah gol yang dicetak pada pertandingan yang melibatkan ketiga tim.

BACA JUGA:Malaysia Masters 2022: Fajar/Rian vs Hendra/Ahsan di Final

Head to head ketiga tim sama, sebab tidak ada saling mengalahkan. Selisih gol juga sama.  Lalu Vietnam dan Thailand diuntungkan dalam hal jumlah gol yang dicetak. Keduanya sama-sama mencetak satu gol (bermain imbang 1-1).

Sementara laga Indonesia melawan kedua tim di atas imbang tanpa gol. Garuda Muda nol gol di klasemen mini. Dengan demikian Vietnam finis di posisi pertama, Thailand kedua. Sementara Indonesia ketiga.

Jadi Vietnam dan Thailand yang berhak lolos ke semifinal Piala AFF U-19 2022 mewakili Grup A. Indonesia, meskipun jadi tim paling produktif dan memiliki selisih gol (secara keseluruhan) paling baik, amun harus tersingkir secara mengenaskan karena aturan Piala AFF U-19 2022. (fat/pojoksatu)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: