Miris, Warga Dua Desa di Kabupaten Lahat Seberangi Kendaraan Lewat Sungai Pangi

Miris, Warga Dua Desa di Kabupaten Lahat Seberangi Kendaraan Lewat Sungai Pangi

LAHAT, PALPOS.ID – Miris kehidupan masyarakat dikawasan Desa Pandan Arang dan Beringin Janggut, Kecamatan Kikim Selatan Kabupaten Lahat.

Akhirnya bertahun-tahun, warga disana memanfaatkan kondisi Sungai Pangi yang sedang surut untuk membawa kendaraannya ke seberang.

Baik itu kendaraan roda dua, maupun kendaraan roda empat, hanya bisa melintasi sungai. Sebab, tak ada jembatan penyeberangan di dua desa itu.

BACA JUGA:Berlantai Potongan Bambu, Jembatan Gantung di Tanjung Raman Memprihatinkan

Artinya, jika air Sungai Pangi sedang pasang, tentu kendaraan warga disana, tak bisa dibawa untuk ke seberang sungai.

Makanya, saat ini masyarakat sangat membutuhkan Jembaran Penyeberangan, yang bisa menghubungkan antara Desa Pandan Arang dan Desa Beringin Janggut.

Hal itu dikatakan Iswandi, warga Nanjungan. Menurut Iswandi, banyak warga beraktifitas berkebun, mesti menyeberangi sungai. Dimana, apabila sungai pasang, maka tidak bisa dilintasi.

BACA JUGA:Ribuan Rumah Terendam Banjir, Dua Jembatan Gantung Putus

"Menyelusuri Sungai Pangi ini, satu-satunya akses bagi penduduk desa beraktifitas. Apabila debit air meninggi atau pasang, maka warga harus menunggu supaya surut," terangnya, Minggu, 17 Juli 2022.

Mantan Kepala Desa (Kades) Nanjungan ini mengemukakan, yang dibutuhkan warga yakni Jembatan Penyeberangan dari Desa Pandan Arang menuju Beringin Janggut.

BACA JUGA:Jembatan Desa Pauh Ancam Keselamatan Pengendara

"Sedangkan Jembatan Penyeberangan hanya ada di Desa Beringin Jaya. Namun, untuk kendaraan besar, harus ditarik menggunakan tractor, agar bisa lewat jembatan tersebut," ungkap Iswandi.

Iswandi berharap, agar pemerintah, baik itu Pemprov Sumsel, maupun Pemkab Lahat, dapat membangun Jembatan Penyeberangan. Karena notabenenya memang sangat dibutuhkan masyarakat di kedua desa tersebut.

BACA JUGA:Jembatan Desa Bantan Ambruk, Jalur Komering Dialihkan Sementara

"Mudah-mudahan, Gubernur Sumsel maupun Bupati Lahat, bisa melihat dan mewujudkan pembangunan Jembatan tersebut," tandasnya. (Lahatpos.co)

Berita Ini telah terbit di Lahatpos.disway.id (Grup Palpos.id), dengan judul: https://lahatpos.disway.id/read/618297/tak-ada-jembatan-kendaraan-lewat-sungai-pangi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: lahatpos.co